• lkjip
  • laptah2016
  • iku
  • reviurenstra
  • peraturan
Cetak

Isbat Nikah

Ditulis oleh Kepegawaian on .

Pengadilan Agama Slawi laksanakan pelayanan istbat nikah terpadu untuk ketiga kalinya 

kpta isbat

Jum’at tanggal 19 Mei 2017 Pengadilan Agama Slawi kembali melaksanakan kegiatan Pelayanan Itsbat Nikah Terpadu untuk yang ketiga kalinya, bertempat di Pendopo Amangkurat Pemerintah Kabupaten Tegal.  Kegiatan sidang Itsbat nikah terpadu ini merupakan kegiatan bersama antara Pengadilan Agama Slawi, Kementerian Agama Kabupaten Tegal dan  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah Drs. H. Mansur Nasir, SH. MH didampingi Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah H. Nursani, SH. Ketua Pengadilan Agama Slawi Drs. Mohamad Moenawar Subkhi, Wakil Bupati Tegal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal dan Kepala  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal.

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dinas/instansi yang terkait dalam penyelenggaraan kegiatan Pelayanan Itsbat Nikah terpadu ini khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Tegal yang telah memfasilitasi sehingga Pengadilan Agama Slawi dapat melaksanakan kegiatan Pelayanan Itsbat nikah terpadu untuk yang ketiga kalinya dengan baik.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah menambahkan bahwa kegiatan pelayanan terpadu itsbat nikah ini merupakan implementasi pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dalam rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta  Kelahiran.

Pengadilan Agama terus berusa melakukan perubahan yang mendasar guna meningkatkan kinerja dalam pelayanan kepada Masyarakat pencari Keadilan sesuai dengan semangat Reformasi Birokrasi yang mencakup 8 area, yaitu area dibidang Mental Aparatur Sipil Negara, Organisasi,  Tatalaksana, Peraturan Perundang-undangan, sumberdaya manusia aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas dan pelayanan publik.

 

 isbat2

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah 
menyerahkan dokumen buku nikah dan Akta Kelahiran kepada peserta Itsbat Nikah terpadu.

Pada saat yang sama Wakil Bupati Tegal Dra. Hj. Umi  Azizah dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ketua Pengadilan Agama Slawi yang atas dukungan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah, sehingga kegiatan Itsbat Nikah Terpadu bisa dilaksanakan di wilayah Kabupaten Tegal ini untuk ketiga kalinya, sebelumnya kegiata serupa dilaskanan pada tanggal 16 September 2017 bertempat di Desa Rembul pada saat itu Pengadilan Agama Slawi mengitsbatkan 34 perkara, dengan menerbitkan 34 buku nikah dan 123 Akta Kelahiran, kemudian kegiatan kedua dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 5 Mei 2017 bertempat di Kecamatan Bojong,  yang mengitsbatkan 79 perkara dan menerbitkan 79 buku nikah serta menerbitkan 105 Akta Kelahiran, kemudian kegiatan ketiga dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 19 Mei 2017 bertempat di Pendopo Amangkurat Pemerintah Kabupaten Tegal, pada kesempatan tersebut Pengadilan Agama Slawi mengitsbatkan 23 perkara, menerbitkan 23 buku nikah dan 30 Akta Kelahiran.

 isbat3

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah beserta Ibu Wakil Bupati Tegal
dan Pejabat lainya berfoto bersama perwakilan peserta Itsbat nikah terpadu.

Wakil Bupati Tegal menambahkan bahwa kegiatan Layanan Sidang Itsbat Nikah terpadu ini sungguh mempunyai nilai sangat strategis dan sangat membantu Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Tegal, dimana masyarakat yang semula belum mempunyai status perkawinan dan kependudukan yang jelas dengan kegiatan ini mereka mendapatkan kepastian hokum dalam status perkawinan dan kependudukan, hal ini tentu sangat menguntungkan dan membahagiakan masyarakat, ini sejalan dengan semangat Pemerintah Kabupaten Tegal yang sedang giat-giatnya mensukseskan program “gawe masyarakat bungah lan gawa berkah”.

Wakil Bupati mengharapkan kegiatan Pelayanan Itsbat Nikah Terpadu ini bisa direncanakan dan dilaksanakan kembali dimasa yang akan datang. Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah didampingi Wakil Bupati Tegal, Ketua Pengadilan Agama Slawi dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tegal serta Pejabat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menyerahkan Buku Nikah dan Akta Kelahiran kepada peserta yang telah disidangkan. Red.     

 Admin PA Slawi

Add comment


Security code
Refresh

red kiwi
elektronik sigara
center
ukash