ZONA INTEGRITAS

Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpInan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
ZONA INTEGRITAS

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
STOP GRATIFIKASI

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan.

Seminar Implementasi UU No. 16 Tahun 2019

on . Posted in Berita Kegiatan

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menjadi narasumber pada Seminar yang diberi judul Implementasi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Pada Layanan Pencatatan Perkawinan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, pada hari Selasa tanggal 4 Desember 2019. Acara yang bertempat di UTC Convention Hotel Semarang selain dihadiri oleh Pimpinan Kemenag Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, perwakilan Kepala KUA, perwakilan Kepala DInas Dispermandesdukcapil, ASN Kanwil Kemenag juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama se-Jawa Tengah.



Dalam penyampaiannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menegaskan bahwa Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak. "Kenaikan batas umur yang lebih tinggi dari 16 (enam belas) tahun bagi wanita untuk kawin, akan mengakibatkan laju kelahiran yang lebih rendah dan menurunkan risiko kematian ibu dan anak. Selain itu juga dapat terpenuhinya hak-hak anak, sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang anak termasuk pendampingan orang tua serta memberikan akses anak terhadap pendidikan setinggi mungkin", ujarnya.

 



Diakhir acara, seluruh peserta melakukan sesi foto bersama bersama para narasumber.

Kunjungan Ketua Mahkamah Agung RI Beserta Rombongan ke Semarang

on . Posted in Berita Kegiatan

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. beserta rombongan mendarat di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani pada hari Jum'at, 29 November 2019 disambut secara langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Rombongan tersebut rencananya akan dibagi menjadi beberapa tim untuk meninjau empat peradilan di Jawa Tengah.



Salah satu tim yang terdiri dari Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial Dr. Sunarto, S.H., M.H. didampingi Ketua Kamar Pidana dan Dirjen Badilum serta Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Dr. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. berkesempatan meninjau Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang merupakan salah satu satuan kerja peradilan tingkat banding di Jawa tengah.