11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif

RAKOR PERSIAPAN PENILAIAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS SECARA VIRTUAL

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang | pta-semarang.go.id | Pada hari ini Selasa, 27 Oktober 2020 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi secara Virtual antara 28 (dua puluh delapan) satker Peradilan Agama di Jawa Tengah yang akan dinilai Pembangunan Zona Integritasnya oleh Tim Penilai Nasional dengan Auditor Tim Penilai Internal dari Bawas Mahkamah Agung R.I. sebagai nara sumber, yaitu: Bapak Ferri Taufik Ferdiansyah, S.E., Ak., C.A., M.Ak. dan Bapak Imam Purnomo, S.E., Ak., C.A. Acara ini dihadiri oleh Pimpinan, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural PTA Semarang, Tim Pembangunan ZI PTA Semarang, Pimpinan dari 27 PA dan Tim Pembangunan ZI masing-masing Pengadilan Agama tersebut.

Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Ketua PTA Semarang dalam sambutannya menyatakan rasa terimakasih kepada para narasumber yang telah meluangkan waktu dalam memberikan bimbingan, penjelasan tentang Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wlayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dalam rangka untuk lebih menyempurnakan usaha-usaha yang telah dilakukan dalam membangun ZI agar selanjutnya akan meraih kesuksesan dalam menghadapi evaluasi penilaian dari Tim Penilai Nasional.

Bapak Ferri Taufik Ferdiansyah, S.E., Ak., C.A., M.Ak. sebagai auditor Bawas MARI yang telah ikut melaksanakan kegiatan monitoring Pembangunan ZI memberikan materi perihal strategi bagaimana melakukan presentasi Pembangunan ZI di depan Tim Penilai Nasional dan hal-hal substantive dalam Pembangunan ZI menunju WBK dan WBBM. Bahwa dalam presentasi agar diselaraskan dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung R.I. Nomor 2/SEK/OT.01.1/1/2020 tanggal 6 Januari 2020 perihal Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Tahun 2020, meskipun target waktunya sebagaimana dalam lampiran surat tersebut sudah tidak relevan lagi karena adanya pandemic Covid-19.


Sementara itu Bapak Imam Purnomo, S.E., Ak., C.A. menyampaikan Persiapan Sarana Prasarana yang harus ada dalam Pembangunan Zona Integritas meskipun hanya sederhana tidak harus bagus namun layak. Sarpras yang dikupas secara mendalam antara lain: Ruang PTSP, Ruang Tunggu, Area Parkir, Ruang Laktasi dan Permainan Anak, Sarptras bagi difabel dan kaum rentan (lansia), Ruang Tamu Terbuka, Kantin, Ruang Terbuka  (untuk perokok), tempat ibadah, Ruang IT/Media Center, Website/MedSos/Media Informasi Pengadilan, Ruang Pengadilan, Sarana Prasarana Penanggulangan Penyebaran Covid-19, Toilet, dan Papan-papan Pengumuman.

Setelah masing-masing narasumber memberikan materinya dilanjutkan dengan acara tanya jawab sebagai sesi yang juga mengakhiri acara rakor pada hari ini.

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PANITERA MUDA HUKUM PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG MENJADI PANITERA PENGADILAN AGAMA KENDAL

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang|pta-semarang.go.id | Pada hari ini Kamis 22 Oktober 2020, bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kendal, Dra. Hj. Nur Laela, M.H. dilantik oleh Ketua PA Kendal, Drs. Kholis, M.H., sebagai Panitera PA Kendal menggantikan Mohammad Dardiri, S.H.,M.H., yang telah dilantik hari Rabu 21 Oktober 2020 kemarin sebagai Panitera PA Semarang. Dilantiknya Dra. Hj. Nur Laela, M.H. menjadi Panitera PA Kendal ini merupakan satu paket promosi Jabatan dalam surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 3345/DjA/KP.04.6/9/2020, tanggal 30 September 2020, perihal "Hasil Rapat Baperjakat Tenaga Teknis Kepaniteraan Pada Lingkungan Peradilan Agama".

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus Covid-19, oleh karena itu hanya beberapa pengantar saja yang diperkenankan mengikuti acara secara langsung dalam ruangan, yaitu ketua, wakil Ketua PTA Semarang dan beberapa Hakim Tinggi. Walaupun demikian acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berjalan dengan rapih, lancar dan khidmat.

Dalam sambutannya, Ketua PTA Semarang menyatakan rasa gembira dan bangganya terhadap prestasi yang telah diraih oleh Dra. Hj. Nur Laela, M.H., yang telah memberikan hasil kinerja yang dapat dibanggakan di PTA Semarang dalam hal penanganan arsip perkara serta keikutsertaan secara aktif dalam proses pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi yang sedang dalam proses penilaian oleh Tim Penilai Nasional. Untuk itu Ketua PTA Semarang menyampaikan terimakasih dan mendoakan semoga Allah mencatatnya sebagai amal kebaikan.

Disamping itu Ketua PTA Semarang juga mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih Dra. Hj. Nur Laela, M.H. dan Tohir, S.H., M.H. yang telah lulus dalam Fit and Proper Test calon Panitera Pengadilan Tinggi Agama/Mahkamah Syar’iyah Aceh yang diselenggarakan oleh Badilag MARI Agustus-September lalu, yang akan menyusul Hj. Laila Istiadah, S.Ag. yang telah lebih dahulu berkarier di kancah nasional dengan telah dilantik tanggal 28 Agustus 2020 sebagai Sekretaris PTA Palangkaraya. “Saya masih berharap di masa yang akan datang akan muncul lagi para Pimpinan Peradilan Agama yang andal dari wilayah Jawa Tengah ini,” demikian harapan Ketua PTA Semarang.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PTA Semarang juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pimpinan, para Hakim dan seluruh Jajaran di Pengadilan Agama Kendal yang telah membuat perubahan yang sangat berarti, perubahan yang bisa dilihat dan dirasakan secara fisik sejak dari mulai masuk pintu gerbang halaman PA, ruang pelayanan hingga ruang sidang yang sudah sesuai dengan decorum sidang, “Aura dan energy dari Pembangunan Zona Integritas sudah dapat saya rasakan sejak mulai masuk pintu gerbang halaman serta bertemu dengan Pimpinan, Hakim dan semua Jajaran PA Kendal”, demikian diungkapkan Ketua PTA Semarang.

Lebih lanjut diungkapkan Ketua PTA Semarang bahwa PA Kendal dan PA Semarang merupakan Pengadilan Agama yang dijadikan pilot project Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di wilayah hukum PTA Semarang. Sekali lagi diucapkan terimakasih atas dukungan dan pengorbanan yang telah diberikan oleh Pimpinan, Hakim dan Jajaran PA Kendal dalam merespon dan mengimplementasikan program-progran yang telah dicanangkan oleh Mahkamah Agung, khususnya Dirjen Badilag. “Bila PA Kendal nanti telah berhasil meraih predikat satker yang berhasil melakukan Pembangunan ZI menuju WBK, maka sebagaimana janji Bapak Dirjen, para Pimpinannya ingin promosi dan mutasi kemana akan dilayani, tidak terkecuali bagi Ibu Hj. Nur Laela, M.H.”, demikian ungkap Ketua PTA Semarang. Lebih lanjut juga diungkapkan oleh Ketua PTA Semarang, bahwa bagi semua warga peradilan apabila terdapat hal yang kurang nyaman dirasakan agar memberitahukan kepada Ketua PTA Semarang atau Pimpinan di PA masing-masing untuk dipecahkan permasalahannya. “InsyaAllah saya tidak akan membeda-bedakan perlakuan kepada siapa yang berkeluh kesah atau memberi nasehat dan masukan yang positif kepada saya, untuk menuju institusi kita ke depan jauh lebih baik lagi,” demikian harapan Ketua PTA Semarang menutup sambutannya.

 

 

Gelar Wicara Peluncuran Buku “Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah”

on . Posted in Pengumuman

Kepada 

Yth. Ketua Pengadilan Agama Se Jawa Tengah

di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berikut kami sampaikan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor W11-A/3427/HM.01/X/2020 tanggal 22 Oktober2020 perihal Gelar Wicara Peluncuran Buku “Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah” sebagaimana terlampir. Untuk lebih jelasnya klik link di bawah ini

SURAT

Link Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/88198893050

 

Atas perhatianya disampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat kami

PTA Semarang

Rapat Koordinasi

on . Posted in Pengumuman

Kepada 

Yth. Ketua Pengadilan Agama Se Jawa Tengah

di tempat

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berikut kami sampaikan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor W11-A/3400/HM.01.1/X/2020 tanggal 20 Oktober2020 perihal Rapat Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah sebagaimana terlampir. Untuk lebih jelasnya klik link di bawah ini

SURAT

Atas perhatianya disampaikan terima kasih.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat kami

PTA Semarang

PERESMIAN GEDUNG PENGADILAN TERPADU DI MANADO DAN 61 PENGADILAN SELURUH INDONESIA OLEH KETUA MAHKAMAH AGUNG R.I. SECARA VIRTUAL

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang |pta-semarang.go.id| Ketua PTA Semarang, Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., pada hari ini Selasa, 21 Oktober 2020 mengikuti acara Peresmian Gedung Pengadilan Terpadu di Manado dan 61 Pengadilan di seluruh Indonesia Oleh Ketua Mahkamah Agung R.I. secara Virtual bersama Pimpinan, Hakim dan Pejabat Struktural Fungsional PA Ambarawa. Ketua Mahkamah Agung meresmikan 1 (satu) Pengadilan Terpadu di Manado, Pada saat yang sama diresmikan pula 61 gedung pengadilan, antara lain, 3 gedung Pengadilan Tingkat Banding, yaitu: gedung Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, gedung Pengadilan Tinggi Banjarmasin, gedung Pengadilan Tinggi Ambon dan 58 gedung Pengadilan Tingkat Pertama, yang terdiri dari 33 gedung Pengadilan Negeri, 24 gedung Pengadilan Agama dan 1 gedung Pengadilan Militer III-18 Ambon. Pengadilan Agama Ambarawa dan Pengadilan Agama Boyolali merupakan 2 (dua) pengadilan di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang ikut diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung R.I. pada hari ini.

 

Plt. Sekretaris Mahkamah Agung R.I., Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dalam laporannya menyatakan bahwa peristiwa ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah Mahkamah Agung dibangun satu konsep Pengadilan Terpadu, satu konsep penggabungan 6 pengadilan dalam satu kawasan, yaitu: Pengadilan Tinggi Manado, Pengadilan Tinggi Agama Manado, Pengadilan Tata Usaha Negara Manado, Pengadilan Agama Manado, Pengadilan Negeri Manado, dan Pengadilan Militer III-17 Manado. Pengadilan Terpadu ini dibangun dengan menggunakan anggaran dana alokasi pembagunan Mahkamah Agung sebesar Rp150.855.000,00 (seratus lima puluh milyar delapan ratus lima puluh lima juta rupiah), yang dilaksanakan dalam 2 tahap dengan system multi years dari tahun 2018 sampai dengan 2020, sedangkan secara keseluruhan penyerapan anggaran dari pembangunan 67 gedung pengadilan yang diresmikan pada hari ini adalah sebesar Rp933.647.613.430,00 (sembilan ratus tiga puluh tiga milyar enam ratus empat puluh tujuh juta enam ratus tiga belas ribu empat ratus tiga puluh rupiah).

 

Lebih lanjut dikemukakan bahwa momentum ini merupakan batu lompatan untuk melangkah lebih jauh dalam mempercepat pelaksananaan reformasi birokrasi di peradilan yang bersih, transparan dan moderm demi terwujudnya keadilan, kepastian dan kemanfaatan bagi masyarakat pencari keadilan. Dan diujung laporannya Plt. Sekretaris MARI memompa semangat semua insan peradilan dengan ajakan:  “Mari kita berjuang untuk maju, bersama-sama bahu membahu, mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, kita maju, kita bisa, kita sukses untuk meraih Peradilan yang Agung dan Modern”.

 

Sementara itu Ketua Mahkamah Agung R.I. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H. menyatakan bahwa meskipun dilakukan secara virtual namun diharapkan peresmian 67 gedung pengadilan di seluruh Indonesia ini tidak mengurangi kekhidmatan serta bisa memberi nilai tambah bagi warga peradilan untuk lebih terbiasa dan mampu menggunakan sarana teknologi informasi termasuk dalam aktivitas kedinasan terlebih dalam suasana pandemic covid seperti sekarang. Bagi Mahkamah Agung pandemi ini semakin memacu percepatan elektonisasi dan digitalisasi business process di lembaga peradilan. Mahkamah Agung bulan lalu telah mengeluarkan Perma Nomor 4 Tahun 2020 sebagai payung hukum bagi pelaksanaan persidangan secara elektronik bagi perkara pidana, Pidana Militer dan Jinayat. Juga Tim development aplikasi Mahkamah Agung telah menyelesaikan pengembangan aplikasi system peradilan terpadu berbasis teknologi informasi, pengembangan SIPPTI yang merupakan persembahan putra-putri terbaik internal Mahkamah Agung. Dengan aplikasi ini Hakim Pidana dapat menerima, melihat, dan melakukan pertukaran data secara elektronik, Hal ini merupakan bukti kesungguhan Mahkamah Agung untuk terus mencurahkan daya upaya dalam mewujudkan peradilan yang Agung.

 

Pembangunan 67 gedung pengadilan merupakan upaya secara terus menerus yang dilakukan oleh Mahkamah Agung untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima terhadap pencari keadilan. Selain 67 gedung pengadilan yang akan diresmikan ini ternyata Mahkamah Agung masih memiliki pekerjaan rumah, yaitu pembangunan 85 gedung pengadilan baru yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 13 sampai dengan Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pembentukan Pengadilan Baru pada Lingkungan Peradilan Umum, di lingkungan Peradilan Agama dan di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara yang kemudian diikuti oleh Surat Kemempan RB Nomor B/150/M.KT.01/2018 tentang Persetujuan untuk Pengoperasian Pengadilan tersebut. Dan 85 pengadilan baru tersebut telah diresmkan pengoperasiannya pada tanggal 22 Oktober 2018 namun sampai saat ini Mahkamah Agung belum menuntaskan pembangunan gedung pengadilan baru tersebut karena keterbatasan anggaran yang dialokasikan pemerintah terlebih lagi karena adanya revisi dan pemotongan anggaran terkait pandemic covid 19 ini, sampai saat ini dari 85 gedung pengadilan  yang dirrencanakan, MA baru bisa melaksanakan pembangunan  25 gedung yang semuanya baru mencapai tahap pembangunan 20% kecuali PN Suka Makmur yang mencapai pembangunanan 80%.

Ketua Mahkamah Agung RI lebih lanjut mengharapkan kemegahan gedung pengadilan yang dibangun ini sebanding dengan keagungan dan kemegahan misi dan karyanya, berkontribusi aktif dalam mewujudkan keagungan lembaga peradilan  sesuai dengan visi misi dan nilai utama Mahkamah Agung yaitu mewujudkan Peradilan Yang Agung. Bahwa pembangunan gedung peradilan terpadu di Manado ini merupakan Pilot Projecyt Mahkamah Agung untuk membangun system peradilan yang terintegrasi. Pengintegrasian 6 pengadilan dalam satu lokasi ini selain memberikaniklm perkantoran yang aman dan nyaman juga akan membentuk para Pimpinan, hakim  dan aparatur pengadilan yang bertugas di masing-masing pengadilan untuk berpikir dan bertindak secara terpadu dan terhubung satu sama lain. Dan bagi masyarakat pencari keadilan juga mengedukasi masyarakat perihal adanya 4 lingkungan peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung beserta peran, wewenang dan tugasnya masing-masing juga memberikan kemudahan akses “one stop area”.

Ketua Mahkamah Agung menyatakan bahwa untuk menunjang pelayanan hukum yang baik dibutuhkan 2 komponen penting yakni sumber daya manusia yang handal serta sarana dan prasarana yang mendukung. Dua hal tersebut merupakan dua komponen yang saling berkaitan satu sama lainnya, SDM yang handal tidak mampu berkarya maksimal tanpa dukungan sarana dan prasarana yang baik, begitu pula sebaliknya sarana dan prasarana yang memadai  tidak akan berfungsi apa-apa jika SDM yang ada tidak mampu merawat dan memanfaatkan dengan baik serta optimal, untuk itu Ketua Mahkamah Agung memerintahkan agar gedung yang dibangun dengan dana APBN yang besar ini agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan para pencari keadilan. Kepada para aparatur pengadilan yang menempati gedung yang baru diresmikan ini untuk terus meningkatkan pemanfaatan jaringan teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan efisiensi kerja disamping mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi.

Dalam menutup sambutannya tersebut, Ketua Mahkamah Agung berpesan kepada seluruh warga peradilan di Indonesia agar senantiasa menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan dan secara disiplin menerapkan 3 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan dengan kebiasaan baru. Disiplin menaati protokol kesehatan akan melindungi kita, keluarga yang kita cintai, dan orang-orang di sekitar kita, tetap bersemangat dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar kita semua senantiasa tetap sehat dan pandemic covid-19 ini dapat segera berakhir.

Pergeseran Anggaran Perjalanan Dinas dan Sewa Rumah Dinas Hakim

on . Posted in Pengumuman

Kepada Yth.

Sekretaris Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah

Di Tempat

Assalamualaikum Wr wb

Bersama ini kami sampaikan Surat Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor W11-A/3371/OT.01.1/X/2020 tentang Pergeseran Anggaran Perjalanan Dinas dan Sewa Rumah Dinas Hakim

Untuk lebih jelas, dapat diunduh pada link berikut :

S U R A T

Lampiran

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih

PELANTIKAN PANITERA MUDA HUKUM DAN PANITERA PENGGANTI PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang| Bertempat di ruang aula PTA Semarang Dr. H. Bahruddin Muhammad, SH., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari ini Kamis, 15 Oktober 2020 telah menyumpah dan melantik Tohir, S.H. M.H. sebagai Panitera Muda Hukum. Pada kesempatamn yang sama Ketua PTA Semarang juga melantik Nur Hidayatus Sofyan, S.H., Drs. Setya Adi Winarko, S.H., M.H., H. Zainal Abidin, S.Ag., M.H., Hj. Istriyah, S.H., dan Dra. Hj. Sri Ratnaningsih, S.H., M.H. menjadi Panitera Pengganti. Dengan dilantiknya 1 orang Panitera Muda Hukum dan 5 (lima) orang Panitera Pengganti ini tentunya memperkuat jajaran Kepaniteraan khususnya Panitera Pengganti sehingga berjumlah 24 orang. Sedangkan jumlah Hakim Tingginya sebanyak 25 orang.

 

Keenam orang Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional tersebut merupakan pejabat-pejabat Kepaniteraan di Tingkat Pertama yang mendapatkan promosi Jabatan sebagaimana surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 3345/DjA/KP.04.6/9/2020, tanggal 30 September 2020, perihal "Hasil Rapat Baperjakat Tenaga Teknis Kepaniteraan Pada Lingkungan Peradilan Agama". Tohir, S.H., M.H., sebelumnya menjabat sebagai Panitera PA Semarang, Nur Hidayatus Sofyan, S.H., sebelumnya menjabat sebagai Panitera PA Purwodadi, Drs. Setya Adi Winarko, S.H., M.H. sebelumnya menjabat sebagai Panitera PA Demak , H. Zainal Abidin, S.Ag., M.H., sebelumnya menjabat sebagai Panitera PA Salatiga, Hj. Istriyah, S.H., sebelumnya menjabat sebagai Panitera Muda Hukum PA Surakarta dan Dra. Hj. Sri Ratnaningsih, S.H., M.H. sebelumnya menjabat sebagai Panitera Pengganti PA Semarang.

 

Di depan para Hakim Tinggi, para Koordinator PA se Jawa Tengah, Pejabat Struktural dan Fungsional, Tohir, S.H., M.H. mewakili semua yang dilantik memperkenalkan diri dan mengharapkan bimbingan dan nasehat dari Pimpinan PTA Semarang, Para Hakim Tinggi serta semua Pejabat Struktural dan Fungsional dalam mengemban amanah di PTA Semarang.

 

Sementara itu Ketua PTA Semarang dalam sambutannya mengharapkan semua Panitera Pengganti, terutama yang baru dilantik, untuk ikut aktif dalam mengimplementasikan dan membangun PTA Semarang sebagai wilayah yang berZona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi, serta segera menyesuaikan diri dengan irama kerja di Pengadilan Tingkat Banding yang tentunya sangat berbeda dengan Pengadilan Tingkat Pertama.  “Meskipun perkara yang ditangani tidak sebanyak di Tingkat Pertama, tetapi janganlah menjadikan bersikap santai dalam menangani berkas perkara. Karena kita dituntut untuk mengimplementasikan one day minute dan one day publish”, demikian pesan Ketua PTA Semarang.

 

Mengakhiri sambutannya Ketua PTA Semarang membacakan beberapa pantun:

 

Kesan pertama dan kedua amatlah menakjubkan

Namun ternyata salah mata kala memandang

Kesekretariatan dan kepaniteraan jagalah kekompakan

Untuk semakin primanya kualitas pelayanan

 

Sematkan selendang dari kain sutra

Menari kerincing bersama amatlah bahagia

Selamat datang pak Tohir Mekadilaga

Di Tingkat Banding Saudara kini berlaga

 

Merak diumpan dengan segenggam jenang

Pastilah bisa kita tangkap dengan gampang

Bertolak dari pengalaman yang segudang

PP-PP kita sigap dan tidak hanya jual tampang

 

Acara yang berlangsung dengan khidmat tersebut diakhiri dengan foto bersama dan ucapan selamat kepada yang dilantik, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka memutus penyebaran virus covid-19.

Evaluasi Pengembangan Dan Uji Coba Aplikasi E-Office Pengadilan Tinggi Agama Semarang

on . Posted in Berita Kegiatan

Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang Abdul Mutalip, S.Ag. yang didampingi oleh Kepala Bagian Kepegawaian dan Perencanaan Pengadilan Tinggi Agama Semarang Suparijanto Sigit, SH., M.M. dan Kepala Sub Bagian Rencana Program dan Anggaran PTA Widodo Arif Wicaksono, S.Kom., S.H. melaksanakan rapat uji coba pembangunan aplikasi e-office untuk Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan Pengadilan Agama Se Jawa Tengah dengan Tim IT dan pengembang aplikasi (14/10/2020).

Kegiatan uji coba e-office bertempat di Star Hotel Semarang, Jl. MT. Haryono No. 972 Semarang diikuti Kasubag Umum & Keuangan PA Magelang, Kasubag Umum & Keuangan PA Sragen, Kasubag Umum & Keuangan PA Kajen, Kasubag Umum & Keuangan PA Banjarnegara, Kasubag Umum & Keuangan PA Kudus dan Sekretaris PA Kendal. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam kegiatan tersebut menyampaikan agar aplikasi e-office yang dibangun benar-benar dapat mempermudah perkerjaan aparatur pegawai dan dapat menyatukan system kerja pengadilan agama se Jawa Tengah menuju ke paperless. Beliau juga berharap agar aplikasi e-office yang sedang dibangun mampu menjadi trademark dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

 

Presentasi dilaksanakan oleh pengembang aplikasi, disampaikan bahwa saat ini aplikasi sedang di uji coba di 2 satuan kerja pengadilan agama di Jawa Tengah,  yaitu Pengadilan Agama Purworejo dan Pengadilan Agama Sukoharjo dengan progress kurang lebih 70% dengan fokus uji coba pada sub aplikasi persuratan. Setelah presentasi terdapat beberapa masukan dari peserta yang penting dilaksanakan untuk kelanjutan program pembangunan aplikasi e-office, diantaranya dari Pak Eko Sambudi dari Pengadilan Agama Kajen dan Pak Wahyu dari Pengadilan Agama Banjarnegara. Acara ditutup oleh Kepala Bagian Kepegawaian dan Perencanaan Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bapak Suparijanto Sigit, SH., M.M. dengan harapan untuk dapat segera launching dalam waktu dekat, PTA Semarang maju…PTA Semarang SUPER !.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pencetakan dan Pengiriman RKA Satker TA 2021

on . Posted in Pengumuman

Kepada Yth.

Sekretaris Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah

Di Tempat

Assalamualaikum Wr wb

Bersama ini kami sampaikan Surat Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor W11-A/3315/OT.01.1/X/2020 tentang Pencetakan dan Pengiriman RKA Satker TA 2021

Untuk lebih jelas, dapat diunduh pada link berikut :

S U R A T

Lampiran

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih

LAUNCHING DAN SOSIALISASI APLIKASI E-BUDGETING DAN APLIKASI SISTEM TATA PERSURATAN PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang (13/10/20) | Dr. H. Bahruddin Muhammad, SH., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari ini Selasa, 13 Oktober 2020 bertempat di ruang Command Center PTA Semarang telah melaunching aplikasi E-Budgeting dan aplikasi Sistem Tata Persuratan Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Dalam sambutannya Ketua PTA Semarang mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi atas inovasi-inovasi dalam bidang IT yang telah dihasilkan. “Patut kita dukung kreatifitasnya dan semoga lebih sukses lagi pengembangan ke depannya”, demikian apresiasi Ketua PTA Semarang.

 

Setelah selesai acara launching dilanjutkan dengan sosialisasi kedua aplikasi tersebut kepada seluruh Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional PTA Semarang oleh Masnan Eriyanto, S.E., Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi yang mensosialisasikan perihal Aplikasi E-Budgeting dan Darin Raharjo, S.Kom, pejabat Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran yang mensosialisasikan Aplikasi Sistem Tata Persuratan.

 

Dalam pemaparan kedua nara sumber diketahui bahwa kedua aplikasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk menuju Peradilan Yang Modern dengan menerapkan system administrasi yang “paperless”, dimana dalam Aplikasi E-Budgeting memanfaatkan media internet dalam pengiriman berkas-berkas dan data dukung dalam Penyusunan Anggaran Peradilan Agama se Jawa Tengah. Demikian pula Aplikasi Sistem Tata Persuratan yang menyempurnakan aplikasi sebelumnya, yaitu Aplikasi SIPER, dimana surat masuk tidak lagi berupa hardcopy yang dilakukan penelaahan dan selanjutnya didisposisi ke pejabat yang berwenang akan tetapi hanya softcopynya saja, selanjutnya pemberian disposisi tindak lanjut penanganannya dilakukan korespondensi melalui aplikasi. Kelebihan lainnya yaitu: aplikasi ini bisa diakses oleh user dimana saja melalui peralatan HP androidnya.

 

Saat menutup rangkaian acara pada hari ini, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menyatakan bahwa perubahan system kerja yang manual menuju system kerja yang memanfaatkan Teknologi IT ini memerlukan adaptasi secara bertahap, “sedikit demi sedikit kita maju menyesuaikan dengan kemajuan zaman maka sebaiknya semua turut serta dalam gerbong perubahan ini, jangan sampai tertinggal atau bahkan tergilas oleh gerbong perubahan,” demikian pesan Ketua PTA Semarang menutup acara Launching dan Sosialisasi kedua aplikasi tersebut.



Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com