11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif....Berita Duka: " Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya telah meninggalnya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Bapak Drs. H. Shofrowi, S.H, M.H. dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Bapak Drs. H. Mohammad Nor Hudlrien, S.H., M.H.dan Bapak H. Humam Iskandar, S.H., Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.."

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN ANALIS KEPEGAWAIAN PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang, 8/1/2021 | Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang telah melantik dan mengambil sumpah jabatan Atik Noviana, S.E. sebagai Analis Kepegawaian Muda dan Zulfa Ulin Nuha, S.Kom. sebagai Analis Kepegawaian Pertama. Keduanya diangkat dalam Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 811/SEK/Kp.1/SK/XII/2020 tentang Pengangkatan Melalui Penyesuaian / Inpassing dalam Jabatan Analis Kepegawaian.

Pada sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengajak semua yang hadir dalam acara turut mendoakan agar pejabat fungsional yang dilantik senantiasa amanah, semangat, jujur serta jauh dari godaan yang dapat menurunkan martabat kemanusiaan. Diucapkan juga terima kasih kepada seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang telah berkomitmen dan berusaha dengan sungguh-sungguh mewujudkan Pengadilan Tinggi Agama Semarang sebagai Satker yang berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Analis Kepegawaian yang berlangsung di kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang dihadiri oleh para Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pelaksana serta PPNPN Pengadilan Tinggi Agama Semarang berjalan dengan lancar dan khidmat dengan saksi I Diah Kusuma Hanuraningtyas, S.Kom., S.H., Saksi II Widodo Arif Wicaksono, S.Kom., S.H. dan Rohaniwan Drs. Kawakiby.

Pembinaan Awal Tahun 2021 Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI “EVALUASI & STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI”

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang, 08/01/21 | Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang didampingi Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris mengikuti acara Pembinaan awal tahun 2021 Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI via zoom meeting yang juga diikuti oleh seluruh Peradilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia. Acara yang diawalai dengan doá permohonan semoga tahun baru ini memberikan semangat baru untuk meningkatkan prestasi-prestasi yang telah dirah bersama.

Untuk mengawali komitmen kerja aparatur Peradilan Agama, Direktur Jenderal Badilag memimpin penandatanganan Pakta integritas, dan untuk menggelorakan semangat perubahan maka dilaksanakan penyematan PIN WBK/WBBM bagi Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama yang meraih WBK/WBBM dari Kementerian PAN RB.

 

Penyematan pin WBK/WBBM oleh Ketua kepada Sekretaris PTA Semarang

 Penyematan pin WBK/WBBM oleh Ketua kepada Panitera PTA Semarang

Dalam kesempatan pembinaan Direktur Jenderal Badilag memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama yang telah melaksanakan inovasi-inovasi untuk peningkatan pelayanan di Peradilan Agama khususnya bagi Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama yang meraih WBK/WBBM. Banyak sekali prestasi yang telah diraih Direktorat Badan Peradilan Agama pada tahun 2020. Untuk itu acara yang dilaksanakan pada pagi hari ini adalah untuk Evaluasi kinerja tahun 2020 dan untuk menyusun strategi agar jajaran Peradilan Agama dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi tahun 2020.

Dalam arahannya Dirjen Badilag menyampaikan, bahwa pada masa sulit saat ini ketika Covid-19 melumpuhkan semua lini kehidupan. Namun masa sulit ini memberikan kecerdasan dan kreatifitas aparat Peradilan Agama, banyak inovasi-inovasi luar biasa yang dilahirkan yang dimotori dengan “11 Inovasi Badilag” dan diikuti inovasi-inovasi internal masing-masing Peradilan Agama se-Indonesia dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga dengan inovasi-inovasi luar biasa ini telah mengantarkan Direktorat Badan Peradilan Agama dan juga beberapa jajaran Peradilan Agama meraih prestasi WBK/WBBM di penghujung tahun 2020.

BADILAG harus menjadi contoh dan inspirasi bagi aparat Peradilan Agama dibawahnya. Untuk itu Badilag tidak hanya memberikan instruksi kepada Peradilan Agama untuk mengikuti WBK/WBBM, namun Badilag juga mengikuti proses WBK yang dicanangkan Kemenpan RB. Alhamdulillah Badilag dapat membuktikan satu-satunya esellon I dilingkungan Mahkamah Agung yang mendapat predikat WBK. Bagi Peradilan Agama yang sudah mengikuti WBK/WBBM namun belum berhasil, jadikan kegagalan sebagai keberhasilan yang tertunda. Evaluasi kegagalan tersebut dan buat styrategi untuk meraihnya. Bagi Peradilan Agama yang belum mengikuti WBK, pada tahun 2021 harus mengikutinya. Tahun 2021 seluruh Badan Peradilan Agama harus lebih semangat agar prsetasi-prestasi yang dibanggakan dapat diraih.  (ns)

Kewajiban Penyampaian LHKPN Secara Elektronik (e-LHKPN) Tahun 2020

on . Posted in Pengumuman

Assalamu'alaikum Wr., Wb.

Dengan ini disampaikan Surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang:

Nomor : W11-A/4146/KP.01.2/XII/2020
Tanggal : 29 Desember 2020
Perihal : Kewajiban Penyampaian LHKPN Secara Elektronik (e-LHKPN) Tahun 2020
Lampiran

Demikian untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr., Wb.

Hakim Tinggi Pengawas

on . Posted in Profil PTA

APRESIASI DAN PENGANUGERAHAN PREDIKAT ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM TAHUN 2020

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang|pta-semarang.go.id (21/12/20)

Pada pagi hingga siang hari ini Senin, 21 Desember 2020, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang bersama Wakil Ketua, Hakim Tinggi serta Pejabat Struktural Fungsional memenuhi undangan Dirjen Badilag Mahkamah Agung R.I. dalam acara Penyerahan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). PTA Semarang bersama 4 (empat) Pengadilan Agama di Jawa Tengah, yaitu: PA. Pati Kelas IA, PA. Pemalang Kelas IA, PA. Wonosobo Kelas IA dan PA. Magelang Kelas II termasuk diantara 51 satker lain di Peradilan Agama yang berhasil membangun Zona Integritas dan meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Acara yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun sebagai rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi sedunia oleh Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dihadiri Wakil Presiden R.I. KH Ma’ruf Amin secara virtual serta Pimpinan Kementerian dan Lembaga, termasuk Wakil Ketua Mahkamah Agung R.I. secara langsung serta seluruh Penerima Penghargaan Zona Integritas Tahun 2020 yang hadir secara langsung maupun secara virtual.

   

Predikat Zona Integritas menuju WBK dan WBBM merupakan sebuah apresiasi kepada instansi pemerintah yang mampu dan berusaha lebih untuk membangun unit kerja percontohan yang berintegritas dan melayani dengan prima. Unit percontohan ini yang akan menularkan virus-virus perubahan sehingga semakin mendorong kemajuan Reformasi Birokrasi di Indonesia. Untuk tahun 2020 ini menurut Plt. Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Drs. H. Jufri Rahman, M.Si,  terdapat 3691 unit kerja yang diusulkan kepada Tim Penilai Nasional dan yang berhasil ke tahap evaluasi lanjutan sebanyak 2570 unit kerja, selanjutnya yang berhasil lolos dalam panel akhir sebanyak 763 unit kerja, dengan rincian  681 unit kerja pelayanan ditetapkan WBK dan 82 unit kerja pelayanan ditetapkan WBBM. Predikat WBK/WBBM ini tidak bersifat permanen, artinya jika berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi nanti masih ditemukan fakta yang bertentangan dengan predikat WBK/WBBM maka predikat ini bisa dicabut kembali.

Wakil Presiden R.I., K.H. Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada yang telah berhasil meraih predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan bagi yang belum berhasil meraihnya agar senantiasa terus berbenah diri dan mengejar ketertinggalan dan memperbaiki segala kekurangan. Dalam arahannya juga disampaikan bahwa Reformasi Birokrasi (RB) merupakan pilar penentu keberhasilan tercapainya visi Indonesia Maju maka Pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan mempercepat Reformasi Birokrasi (RB) di seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Dalam konteks ini harus dipastikan tegaknya integritas birokrasi. Keberhasilan pelaksanaan RB harus didukung dengan upaya yang serius dalam menciptakan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Keberhasilan RB sangat ditentukan oleh SDM yang unggul dan berintegritas yang sangat dibutuhkan sebagai agen perubahan untuk kemajuan. Untuk itu pemerintah terus memperkuat langkah, dan memperluas cakupan Zona Integritas dan menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih, pelayanan publik yang optimal, kapasitas birokrasi yang handal dan akuntabel serta SDM Aparatur yang professional.

Wakil Presiden juga mengingatkan perihal ukuran konsep integritas berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatus Sipil Negara, pertama, kejujuran, agar dipegang kuat sebagai satu nilai dasar, yang diyakini dan diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan tugas, kedua, kepatuhan kepada peraturan perundang-undangan, tunjukkan komitmen untuk patuh dan didukung sikap moral secara bertanggungjawab, ketiga, kemampuan bekerjasama, tingkatkan kolaborasi dan profesionalisme untuk kinerja yang terbaik, keempat, pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara, memberikan pelayanan terbaik, mementingkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan kelompok. Setiap ASN harus mempunyai komitmen untuk membangun budaya integritas untuk mengatasi setiap tekanan dan ancaman untuk tidak melakukan pelanggaran.

Lebih lanjut dikemukakan Wakil Presiden bahwa keberhasilan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Dalam era Revolusi Industri 4.0 masyarakat semakin menuntut pelayanan public yang cepat, tepat dan berkualitas maka diharapkan seluruh penyelenggara pelayanan public untuk meningkatkan akselerasi dan perbaikan pelayanan public secara berkelanjutan dan berkesinambungan dan menciptakan inovasi-inovasi terbaik untuk menjawab tuntutan masyarakat yang dinamis.

 

Mari bersama membangun negeri dengan melakukan percepatan Reformasi Birokrasi melalui pembangunan Zona Integritas. SALAM PERUBAHAN.

Daftar Nama yang Diusulkan Kenaikan Pangkat April 2021

on . Posted in Pengumuman

Kepada 

Yth. Ketua Pengadilan Agama Se Jawa Tengah

 

Assalamu'alaikum wr.wb.

Berikut kami sampaikan surat Ketua Pengadilan Tinggi AGama Semarang Nomor W11-A/4057/Kp.04.1/XII/2020 tanggal 18 Desember 2020 perihal Pelaksanaan Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2021. Untuk lebih jelasnya klik link surat dibawah ini :

SURAT

PEDOMAN KPO

PEDOMAN NON KPO

Demikian untuk dilaksanakan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih

Wassalamu'alaikum wr.wb.

 

Hormat kami

ttd

Kepeg PTA Semarang

 

PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS TAHUN 2020 *revisi*

on . Posted in Pengumuman

Kepada

Yth. Ketua Pengadilan Agama Se Jawa Tengah

 

Assalamu'alaikum wr.wb.

Berikut kami sampaikan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor W11-A/4025/KP.02.1/XII/2020 tanggal 17 Desember 2020 perihal Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Tahun 2020. Untuk lebih jelasnya klik link surat dan lampiran dibawah ini:

S U R A T

NEW CONTOH FORMAT SKP 2020 DAN SKP AWAL TAHUN 2021

CONTOH FORMAT PERJANJIAN KINERJA INDIVIDU 2021 BAGI PANITERA DAN SEKRETARIS

Demikian untuk ditindaklanjuti, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

 

Wassalamu'alaikum wr.wb.

 

Hormat kami

TTd

PTA Semarang

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN WAKIL KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang, 14/11/2020 | Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Dr. Drs. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., telah mengambil sumpah jabatan dan melantik Drs. H. Subuki, M.H. sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menggantikan Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H. yang telah meninggal dunia pada 27 November 2020. Terisinya jabatan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Semarang ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 279/KMA/SK/XII/2020 tentang Promosi dan Mutasi Pimpinan Mahakmah Syar’iah Aceh / Pengadilan Tinggi Agama. Drs. H. Subuki, M.H. sebelumnya merupakan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung.

Pada sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengajak para hadirin sejenak menundukan kepala seraya berdoa untuk almarhum Bapak Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H., almarhum Bapak Drs. H. M. Nor Hudlrien, S.H., M.H. dan almarhum Bapak Drs. H. Humam Iskandar, S.H., M.H. serta untuk kesembuhan bagi aparatur yang sedang terpapar Covid-19. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengharapkan agar Wakil Ketua dalam hijrah di tempat yang baru ini bisa menambah kemajuan instansi kita. Selanjutnya disampaikan juga permohonan doa dan dukungan semua aparat Peradilan Agama di Jawa Tengah agar sebagai pimpinan mampu menjauhkan diri dari perilaku tercela yang merendahkan harkat dan martabat sebagi seorang hakin dan sebagai pimpinann pengadilan.

Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang berlangsung di Hotel Mahima Semarang dihadiri oleh para Hakim Tinggi, Ketua Koordinator Wilayah Pengadilan Agama Se-Jateng, Pejabat Struktural dan pegawai Pengadilan Tinggi Agama Semarang.



Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com