logo webpta

on . Hits: 30

Rapat Koordinasi

Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2022

dan Pembahasan Program Kerja Tahun 2023

Pengadilan Tinggi Agama Semarang

 

Semarang|pta-semarang.go.id (17/1/23)

WhatsApp Image 2023-01-17 at 16.26.53.jpeg

 

Segenap pejabat struktural kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang, yaitu Panitera, Sekretaris, para Kabag, para Kasubag, serta para Panitera Muda pada hari ini Selasa 17 Januari 2023 melaksanakan rapat koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2022 dan Pembahasan Program Kerja Tahun 2023 kantor PTA Semarang. Rapat yang dilangsungkan di ruang aula PTA Semarang tersebut juga dihadiri Ketua dan Wakil Ketua PTA Semarang.

Dalam rakor yang dimulai pukul 13.00 WIB dan selesai pukul 15.30 tersebut dibahas evaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2022 serta pembahasan yang lebih mendalam terkait program kerja tahun 2023 dan program kerja lainnya sebagai penunjang oleh masing-masing bagian, yaitu bagian Kesekretariatan sebagai supporting unit dan bagian kepaniteraan sebagai pelaksana administrasi pada core business peradilan.

WhatsApp Image 2023-01-17 at 16.26.55.jpeg

Dr. H. Empud Mahpudin, S.H., M.H., Ketua PTA Semarang sebelum membuka secara resmi kegiatan pada siang hingga sore hari tersebut menyatakan sangat berbahagia bisa berkesempatan mengikuti pembahasan program kerja. Yang memerlukan perhatian adalah bagaimana memanfaatkan dana yang ada secara efektif dan efisien. “Untuk itu perlu ada koordinasi dan sinergi yang sangat baik antara kepaniteraan dan kesekretariatan karena masing-masing saling terkat dan mendukung,” demikian Ketua PTA Semarang mengingatkan.

Karyarini Fatonah, S.H., M.M. Sekretaris PTA Semarang yang bertindak selaku pemandu jalannya acara memberikan kesempatan pertama kali untuk memaparkan evaluasi dan program kerja kepada Sutris, S.H., M.H. selaku Kepala Bagian Umum dan Keuangan yang memaparkan program kerja sub Bagian Keuangan dan Pelaporan serta sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga. Program kerja yang mendapatkan sorotan Ketua PTA Semarang antara lain terkait belum adanya tenaga ahli di bidang perpustakaan atau pustakawan sehingga memerlukan adanya upaya kerjasama dengan pihak lain dalam mendidik sumber daya yang ada. Perihal revisi anggaran untuk biaya sewa VPS (Virtual Private Server) yang tidak muncul dalam Petunjuk Operasional Kegiatan (POK), yaitu dokumen yang memuat uraian rencana kerja dan biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan. Sedangkan perihal pengadaan tanah untuk bangunan kantor PTA Semarang juga mendapatkan perhatian yang serius dari Ketua PTA Semarang sembari memberikan petunjuk langkah-lagkah yang harus ditempuh agar rencana tersebut bisa terealisasi dengan baik.

Selanjutnya berturut-turut Suparijanto Sigit, S.H., M.M., Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Kepegawaian, dilanjutkan Hj. Sri Anna Ridwanah, S.Ag., M.H., Panitera Muda Hukum dan Hj. Andarukmi Rini Utami, S.H., M.H., Panitera Muda Hukum menyampaikan evaluasi dan program kerja bagian masing-masing. Dalam kesempatan tersebut dilaporkan pula prestasi tingkat penyelesaian perkara oleh Hakim Tinggi yang memerlukan waktu rata-rata 13,5 hari. Terkait hal ini Ketua PTA Semarang menyampaikan pesan dari Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI agar jangan terlalu mengejar kecepatan dalam memutus perkara namun hukum acara disimpangi bahkan diabaikan.

Sekretaris PTA Semarang selain melengkapi paparan dari kedua orang Kabag nya juga memaparkan Program-program lainnya sebagai program Pendukung, yaitu sebanyak 20 (dua puluh) program pendukung untuk peningkatan kesehatan jasmani maupun rohani, bakti sosial, peningkatan kualitas SDM, rapat dinas hingga program pengawasan. Berkaitan dengan program pengawasan ini Wakil Ketua PTA Semarang, Drs. H. Muhammad Alwi, M.H., memberikan apresiasi bahwa semua pengaduan sudah ditindaklanjuti namun masih memerlukan adanya upaya yang lebih baik agar pengaduan-pengaduan yang masuk sesegera mungkin mendapatkan penanganan walaupun terkadang pengaduan tersebut seharusnya bisa terselesaikan bila yang bersangkutan mengajukan upaya hukum karena yang diadukannya mengenai materi perkara, seharusnya materi pengaduan yang berkaitan dengan pelanggaran-pelanggaran kode etik baik yang dilakukan hakim, panitera maupun aparat peradilan lainnya.

 WhatsApp Image 2023-01-17 at 16.26.54.jpeg

 

Sementara itu H. Ma’sum Umar, S.H., M.H., Panitera PTA Semarang menyatakan sangat mengapresiasi dan sangat bahagia dengan adanya kekompakan dan kebersamaan aparatur Peradilan Agama se Jawa Tengah khususnya aparatur pada PTA Semarang sehingga pelaksanaan tugas pokok dan fungsi peradilan pada tahun 2022 bisa dilaksanakan dengan sangat baik. Terkait dengan program “Jamu Kuat” Kerjasama mewujudkan keadilan dalam masyarakat masih menyisakan pekerjaan rumah yaitu mendorong realisasi kerjasama dengan kesyahbandaran yang ternyata harus dilaksanakan pada tataran Direktur Jenderal masing-masing. “Bila hal tersebut sudah terealisasi maka hal “abu-abu” dalam pelaksanan tugas pokok dan fungsi peradilan dalam mewujudkan keadilan dalam masyarakat sudah tidak akan ada lagi,” demikian optimisme yang dikemukakan Panitera.

Akhirnya kegiatan rapat koordinasi pada siang hingga sore hari ini berakhir dengan pemberitahuan dari Sekretaris PTA Semarang bahwa hasil rapat koordinasi ini akan dituangkan dalam dokumen keputusan bersama yang harus dilaksanakan bersama dalam upaya untuk merealisasikan anggaran yang efektif dan efisien sebagaimana pesan Ketua PTA Semarang “Banyak Keinginan namun Belilah sebatas Kemampuan”.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor