logo webpta

on . Hits: 73

Penandatanganan Kerjasama PTA Semarang dengan Instansi Terkait dan Launching Aplikasi "JAMU KUAT"

MOU 1

KPTA Semarang bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Ketua Kamar Agama MA RI serta Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama

Semarang|pta-semarang.go.id (1/10/2021) Pada hari Jumat 1 Oktober 2021 telah berlangsung penandatanganan kerjasama antara PTA Semarang dengan beberapa instansi terkait dan sekaligus melaunching aplikasi kerjasama mewujudkan keadilan untuk masyarakat (jamu kuat). Acara berlangsung di ruang Rama Shinta Hotel Patra Jasa Semarang.

Instansi terkait yang melakukan kerjasama dengan PTA Semarang, antara lain: Pemprov Jawa Tengah (Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang membawahi beberapa Dinas yaitu : Dispermadesdukcapil (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AK2KB), Dinas Sosial (Dinsos), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provisnsi Jateng, Biro Hukum Setda Provinsi Jateng), Polda Jawa Tengah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Jawa Tengah, DJKN (Direktorat Jenderal Keuangan Negara Kementerian Keuangan R.I.) yang membawahi KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) Wilayah Jateng & DIY, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Jateng yang membawahi Balai Harta Peninggalan (BHP Semarang), Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) dan BSI (Bank Syariah Islam) Regional VIII.

MOU 2

Penandatanganan MoU oleh PTA. Semarang dengan 7 instansi dan pihak terkait tersebut juga dihadiri Ketua Kamar Peradilan Agama, Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M, DirJen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I., Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H, dan Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Kepala Kejaksaaan Tinggi Jawa Tengah serta para Pimpinan Instansi yang terkait, Para Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara, Kepala Pengadilan Militer II Semarang, Ketua PA se wilayah PTA Semarang. Wakil Gubernur Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen Hadir mewakili Gubernur Jawa Tengah sebagai pihak penandatangan MoU karena pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo sedang melaksanakan tugas mengawal atlet-etlet Tim Jawa Tengah pada PON XX di Papua.

MOU 4

Kepala Kanwil DJKN saat menandatangani Deklarasi Nota Kesepakatan tentang Percepatan Layanan Hukum Kepada Masyarakat untuk Mewujudkan Keadilan

 

MOU 5

Kepala Kanwil BPN Jawa Tengah

 

MOU 7

Wakil Gubernur Jawa Tengah

 

MOU 8

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah

 

MOU 9

Ketua DPD MAPPI Jawa Tengah

 

MOU 10

Kepala Kantor Regional VII PT Bank Syariah Indonesia

Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., Ketua PTA Semarang, dalam sambutannya sebelum penandatangan kerjasama dilakukan menyatakan bahwa latar belakang dilakukannya penandatangan kerjasama dengan berbagai instansi tersebut adalah pertama, untuk mewujudkan salah satu misi Mahkamah Agung R.I., yaitu memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada masyarakat, kedua, untuk meraih salah satu target yang ingin dicapai dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sesuai PermenpanRB Nomor 52 Tahun 2014 adalah meningkatan Pelayanan Publik, pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah, ketiga, dalam kenyataannya di lapangan masih terdapat beberapa putusan PA yang tidak dapat dilaksanakan sehingga masyarakat tidak mendapatkan keadilan yang diinginkan, sebagaimana ungkapan yang menyatakan “Terlambat memberikan keadilan adalah bentuk lain ketidakadilan” (justice delayed justice denied);

Pada awalnya maksud dan tujuan diadakannya kerjasama ini adalah untuk meningkatkan hubungan sinergisitas yang lebih baik antara PTA Semarang dengan instansi terkait dalam mengatasi permasalahan eksekusi melalui pemanfaatan aplikasi yang dinamakan “Jamu Kuat” (Aplikasi kerjasama dalam rangka mewujudkan keadilan untuk masyarakat), namun selanjutnya berkembang yang meliputi beberapa tugas pokok Pengadilan Agama, antara lain kerjasama dengan Dispermadesdukcapil (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil): Satker ini terkait dengan perubahan dokumen pasca perceraian berkenaan dengan status seseorang  dan kebutuhan Pengadilan Agama dalam sinkronisasi  data masyarakat tidak mampu yang berperkara di Pengadilan Agama. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AK2KB): berkaitan dengan hak-hak anak dan perempuan pasca perceraian, dispensasi kawin, dan juga dalam rangka mendukung program Pemerintah Provinsi Jateng jo kawin bocah. Dinas Sosial (Dinsos), terkait dengan layanan hukum terhadap penyandang disabilitas yang berperkara di Pengadilan Agama. Demikian disampaikan Ketua PTA. Semarang dalam sambutan pengantar yang kemudian dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi Nota Kesepakatan antara Ketua PTA Semarang dengan Gubernur Provinsi Jawa Tengah dan instansi-instansi terkait lainnya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen, dalam sambutannya selepas penandatanganan Nota Kesepakatan menyampaikan kata pamit dan salam dari Gubernur Jawa Tengah yang tidak bisa hadir pada acara penandatanganna MoU ini, karena pada saat ini sedang mengantarkan atlet-atlet Jawa Tengah yang akan berlaga di PON XX Papua sehingga mewakilkan Wakil Gubernur untuk hadir dalam acara ini. Lebih lanjut dikemukakan bahwa Gubernur Jawa Tengah menyambut baik adanya kerjasama ini karena kerjasama dan inovasi yang diluncurkan menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat, terutama masyarakat di Jawa Tengah sebagai pencari keadilan. Pada kalangan aparatur Pemerintah Daerah Jawa Tengah mempunyai slogan “mboten korupsi mboten ngapusi” (tidak korupsi tidak bohong) dimana hal tersebut hanya dapat dilaksanakan apabila dalam melaksanakan tugas dan fungsi dibantu dengan aplikasi sehingga pengawasan dilakukan tidak manual akan tetapi terintegrasi dengan system. Maka dengan adanya aplikasi yang dikembangkan diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih mudah, cepat, murah dan tuntas terutama pada masa pandemic ini bisa mengurangi kerumunan, semua dapat dilakukan dari rumah, seperti mendaftar antrean sidang, memberikan pengaduan dll. Mengakhiri sambutannya Wakil GUbernur Jawa Tengah menyatakan rasa terimakasihnya dimana nota kesepakatan tersebut dituangkan dalam sebuah aplikasi yang diberi nama “Jamu Kuat” disertai harapan keadilan yang dibutuhkan masyarakat dapat terlayani dengan lebih mudah, cepat, murah dan tuntas.

Selanjutnya Ketua Kamar Peradilan Agama, Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M, dalam sambutannya menyatakan syukur Alhamdulillah bahwa pada hari ini telah dilakukan penandatangan Nota Kesepakatan yang diikuti launching aplikasi “jamu kuat” yang merupakan terobosan yang sangat diperlukan untuk memudahkan dan percepatan Peradilan Agama dalam melayani masyarakat dalam mencari keadilan. Pemanfaatan aplikasi harus ditempuh, karena apabila tidak ditempuh maka akan ketinggalan. Disebutkan bahwa saat melakukan kunjungan ke Pengadilan Hubungan Industrial di Arab Saudi hampir tidak ada kertas, semuanya menggunakan aplikasi, bahkan putusan hanya memakai barcode. Dan itu berlaku untuk berurusan dengan instansi lain. Adapun yang berkaitan dengan keluhan masyarakat dimana tidak ditunaikannya nafkah anak, mut’ah oleh suami, bila terjadi di Australia dan Malaysia maka secara otomatis NPWP nya mati. Maka aplikasi-aplikasi ini diharapkan dapat menjadi pintu pengawasan yang sangat efektif sehingga merupakan jalan keluar untuk menyempurnakan pelayanan terhadap masyarakat Jawa Tengah dalam mencari keadilan di Pengadilan Agama se Jawa Tengah. Pada akhir sambutannya disampaikan terimakasih kepada Bapak Gubernur yang telah memberikan apresiasi yang tinggi, serta ucapan terimakasih juga kepada instansi lainnya atas kerjasama yang telah ditandatangani.

MOU 6

KPTA Semarang didampingi WKPTA Semarang dan Panitera saat memberikan keterangan pada media

Selesai sambutan Ketua Kamar Peradilan Agama melaunching aplikasi “JAMU KUAT” dengan menempelkan telapak tangan pada device yang telah disediakan sebagai tanda dimulainya diberlakukannya aplikasi “Jamu Kuat” pada PTA Semarang dan seluruh Pengadilan Agama se Jawa Tengah.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor