logo webpta

on . Hits: 111

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Pengganti PTA Semarang

 

Semarang|pta-semarang.go.id (12/10/21) Ketua PTA Semarang, Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., pada hari ini telah melantik dan mengambil sumpah jabatan 6 (enam) orang Panitera Pengganti pada Pengadilan Tinggi Agama Semarang, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I. Nomor 2627-2650/Dja/KP.04.6/SK/9/2021 tentang Pengangkatan / Pemindahan Dalam Jabatan Kepaniteraan di Lingkungan Peradilan Agama tertanggal 14 September 2021. Keenam Panitera Pengganti tersebut adalah H. Irawan Hari Waluyo, S.H. semula Panitera PA Purworejo Kelas IB, Muhammad Sukiyanto, SH, MH semula Panitera PA Karanganyar Kelas IB, H. Imam Musyafa, S.H. semula Panitera PA Tegal Kelas IB, Drs. H. Budiyono    semula Panmud Permohonan PA Kendal Kelas I A, Faizah, S.H.  semula Panmud Gugatan PA Kendal Kelas IA, dan Dra Hj. Siti Zulaikhah semula Panitera Pengganti PA Salatiga Kelas I B.

PP 3

Dengan dilantiknya keenam Panitera Pengganti di hotel Candi Hotel Convention Jl. Dr. Wahidin Kaliwiru Semarang ini jumlah Panitera Pengganti di PTA Semarang menjadi 28 orang. Namun bersamaan dengan bertambahnya jumlah Panitera Pengganti ini berdasarkan Rapat Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I. tanggal 14 September 2021 salah satu Panitera Pengganti PTA Semarang, yaitu H. Nur Hidayatus Sofyan, S.H. mutasi ke Pengadilan Tinggi Agama Yogjakarta, maka berkurang pula jumlah Panitera Pengganti PTA Semarang menjadi 27 orang.  

Dalam sambutannya, Drs. H.M. Alwi Mallo, M.H. mengucapkan selamat datang dan mengharapkan kinerja Pengadilan Tinggi Agama Semarang mennjadi lebih meningkat serta mengharapkan kepada semua pegawai dan pejabat PTA Semarang memberikan dukungan kepada pejabat yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai amanat yang diberikan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Panitera Pengganti yang baru dilantik perlu persiapan mental sebab yang baru dilantik ini sebelumnya merupakan para pengatur Panitera Pengganti saat di Pengadilan Agama maka sekarang harus menerima untuk diperintah dan diatur oleh Panitera PTA Semarang. Disamping itu fasilitas di PTA Semarang tidak sebagaimana saat di Pengadilan Agama sebab kantor PTA Semarang yang sangat terbatas sehingga mungkin akan terasa lebih tidak nyaman dalam hal tempat duduk, meja serta ruangan yang akan ditempati.

PP 2

Diingatkan juga bahwa Panitera Pengganti mempunyai peran yang sangat strategis dalam menjalankan tugas dan fungsi Pengadilan Tingkat Banding sebagai kawal depan (voorpost) Mahkamah Agung, terutama dalam fungsi pengawasan dan pembinaan. Fungsi sebagai kawal depan itu saya harapkan akan lebih optimal lagi pelaksanaannya, sehingga permasalahan-permasalahan yang muncul di pengadilan tingkat pertama maupun pengadilan tingkat banding cukup diselesaikan oleh Pengadilan Tingkat Banding tidak usah sampai ke Mahkamah Agung. Apalagi saat ini PTA Semarang sedang menindaklanjuti penandatanganan Nota Kesepahaman dengan berbagai instansi terkait sehingga bantuan tenaga dari 6 orang Panitera Pengganti baru ini sangat diharapkan.

PP 1

Mengakhiri sambutannya Ketua PTA Semarang mengharapkan kepada semua yang baru dilantik dengan cara menampakkan kesyukuran itu dalam melaksanakan tugas dengan baik dan dengan penuh disiplin. Sebab jabatan apapun memiliki tanggungjawab kepada Allah SWT sehingga Ketua PTA Semarang berharap agar yang dilantik hari ini betul-betul melaksaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai Panitera Pengganti PTA Semarang.

Dengan berakhirnya sambutan Ketua PTA Semarang ini maka berakhirlah seluruh rangkaian upacara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Pengganti PTA Semarang.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor