logo webpta

on . Hits: 39

PELANTIKAN PANITERA PENGGANTI

PENGANTAR ALIH TUGAS PANITERA PENGGANTI

DAN PENGANTAR PURNABAKTI HAKIM TINGGI PTA SEMARANG

Semarang|pta-semarang.go.id (23/11/2021)

Hari ini Selasa, 23 November 2021, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., secara daring melantik 1 orang Panitera Pengganti PTA Semarang, Nurul Jamaliah, S.Ag.. Yang bersangkutan berada di tempat tugas yang lama, yaitu PTA Palangkaraya untuk dilantik secara daring sebagai Panitera Pengganti PTA Semarang. Pada saat yang bersamaan dilaksakan acara Pengantar Alih tugas Panitera Pengganti atas nama Nur Hidayatus Sofyan, S.H. yang mutasi ke PTA Yogjakarta serta Pengantar Purnabakti 2 orang Hakim Tinggi atas nama Drs. H. Faizin, S.H., M.Hum. dan Drs. H. Daruni, S.H., M.Ag.

WhatsApp Image 2021 11 24 at 10.06.40 1

Ketiga acara tersebut, pelantikan Panitera Pengganti, pengantar purnabhakti dan pengantar alih tugas, diselenggarakan secara daring dan luring. Meskipun terdapat acara yang diselenggarakan secara luring namun tetap dilaksanakan dengan selalu memenuhi protokol kesehatan dengan mengimplementasikan 5M, yaitu memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas Hal ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Tinggi Agama Semarang ikut andil dalam upaya memutus rantai wabah pandemic covid19. Oleh sebab itu yang diperkenankan hadir secara luring di dalam ruangan aula PTA Semarang, tempat diselenggarakannya acara, hanyalah beberapa orang terbatas pada Pimpinan, beberapa Hakim Tinggi dan Pejabat Struktural.

 

Acara yang pertama dilaksanakan adalah pelantikan Panitera Pengganti PTA Semarang secara daring dan dilanjutkan dengan Pengantar Purnabakti Hakim Tinggi dan Pengantar Alih Tugas PP yang mutasi ke PTA Yogjakarta.

Ketiga acara tersebut berjalan dengan khidmat, penuh haru dan juga ada tawa bercampur jadi satu. Pelantikan Panitera Pengganti meskipun diselenggarakan secara daring namun berjalan dengan khidmat disaksikan oleh Pimpinan PTA Palangkaraya serta PTA Semarang juga oleh Hakim Tinggi serta pejabat struktural kedua PTA dari dua pulau besar di Indonesia ini. Sedangkan acara Pengantar Purnabakti berjalan dengan penuh keharuan terutama saat pelepasan pin hakim tinggi oleh Ketua PTA Semarang digantikan dengan penyematan kalung bunga melati, serta saat dilantunkannya lagu “Syukur” mengiringi keluarnya hakim tinggi yang purnabakti keluar dari ruangan upacara. Sedangkan gelak tawa bergema disaat hakim tinggi yang purna, yaitu Bp. Drs. H. Daruni, S.H., M.Ag. memberikan sambutannya dengan penuh kelucuan dan dilanjutkan dengan sambutan Hakim Tinggi sebagai wakil dari karyawan PTA Semarang, yaitu Bp Drs. H. Agus Baha’uddin, S.H., M.H. yang juga dibawakan dengan penuh kelucuan dengan mencari arti nama “Daruni” yang ternyata berasal dari bahasa Jawa namun juga salah pemakainannya yang seharusnya untuk nama wanita. Kedua sambutan yang membawa gelak tawa tersebut semakin bertambah dengan sambutan Ketua PTA Semarang yang membawakan penggalan syair lagu-lagu dangdut maupun pop Indonesia menyindir kebahagiaan yang akan dialami Sekretaris PTA Semarang.

 WhatsApp Image 2021 11 24 at 10.06.40

Dari sambutan Ketua PTA Semarang, Drs. H. Alwi Mallo, M.H. terungkap bahwa jumlah Panitera Pengganti di PTA Semarang menjadi 28 orang, juga diugkapkan bahwa mutasi Panitera Pengganti dari PTA Palangkaraya ke PTA Semarang terasa istimewa sehingga menimbulkan harapan yang baik dari Ketua PTA Semarang. “Kehadiran Saudari akan semakin membuat PTA Semarang lebih bersemangat dalam meningkatkan kinerjanya karena kita yakin bahwa Bapak Sekretaris sebagai salah satu motor penggerak PTA Semarang pasti akan lebih bersemangat lagi membawa PTA Semarang dalam mewujudkan, dan meraih predikat WBBM.,” demikian yang diharapkan Alwi Mallo atas pelantikan Panitera Pengganti kali ini dikarenakan Sdri Nurul Jamaliah, S. Ag. merupakan istri dari Sekretaris PTA Semarang, Abdul Mutalip, S.Ag., S.H., M.H..

Sedangkan dengan purnabaktinya 2 orang hakim tinggi maka jumlah Hakim Tinggi PTA Semarang saat ini tinggal 18 orang. Ketua PTA Semarang merasa berbangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas loyalitas dan dedikasi yang telah dipersembahkan baik oleh para Hakim Tinggi yang purnabakti maupun PP yang alih tugas. Seperti diketahui bahwa PTA Semarang saat ini sudah berhasil mengimplementasikan program One day minute dan one day publish serta meningkat pula kinerja penyelesaian perkara yang rata-rata dapat diselesaikan dalam waktu 11 hari per perkara dimana pada tahun sebelumnya 13 hari.

Adapun riwayat singkat Hakim Tinggi yang punabakti sebagai berikut: Drs. H. Daruni, S.H., M.Ag. memulai karier sebagai Calon Hakim di PA Tanjung Redeb, Kabupaten Berau tahun 1982. Berbagai jabatan di kepaniteraan pernah disandangnya, yaitu sebagai Jurusita pada PA Tanjung Redeb, Panitera Pengganti PA Tanjung Redeb Panitera Pengganti PTA Palangkaraya dan Pansek PA Palangkaraya. Karier hakimnya dimulai pada tahun 1994 sebagai Hakim pada PA Palangkaraya selanjutnya tahun 1997 dipromosikan sebagai Wakil Ketua PA Sampit, tahun 2000 sebagai Ketua PA Buntok. Tahun 2004 sebagai Hakim Tinggi PTA Palangkaraya, 2010 Hakim Tinggi PTA Banjarmasin, 2013 Hakim Tinggi PTA Samarinda dan sejak 27-11-2018 sebagai Hakim Tinggi PTA Semarang hingga November 2021.

Sedangkan Drs. H. Faizin, S.H., M.Hum. memulai karier sebagai CPNS di Kandepag Gunung Kidul pada 1981. Karier sebagai hakim dimulai pada tahun 1993 pada PA Metro, Lampung untuk selanjutnya mutasi ke PA Blora pada 1998. Promosi pertama sebagai pimpinan PA adalah pada 2007 sebagai Wakil Ketua PA Salatiga, selanjutnya pada 2009 promosi sebagai Ketua PA Blora, pada 2012 mutasi sebagai Ketua PA Purwodadi, dan selanjutnya promosi sebagai Hakim Tinggi PTA Kupang pada 2014, 2016 sebagai Hakim Tinggi PTA Palangkaraya dan terakhir mutasi sebagai Hakim Tinggi PTA Semarang pada 05-03-2020 sampai dengan purna tugas pada Oktober 2021.

Rangkaian ketiga acara penting yang dikomandani oleh Drs. H. Ahmad Akhsin, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Semarang, hari ini berjalan dengan sukses dan diakhiri dengan ucapan selamat serta berfoto bersama baik yang hadir secara daring maupun yang hadir secara luring. (f&n)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor