logo webpta

on . Hits: 27

“TANDA-TANDA USIA SENIOR”

KULTUM BA’DA SHOLAT MASJID TAHUL ARIFIN

Semarang|pta-semarang.go.id (22/6/22)

DR. H. Domiri, SH, MH Hakim Tinggi PTA. Semarang memberikan kultum bakda sholat ashar pada hari Rabu, 22 Juni 2022 kepada seluruh pegawai PTA. Semarang. Kegiatan yang dilaksnakan di masjid TAHUL ARIFIN PTA. Semarang tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Rabu diikuti oleh semua aparatur PTA. Semarang dengan tujuan untuk menambah ilmu dan wawasan keagamaan dan juga untuk meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja.

WhatsApp Image 2022-06-23 at 10.41.02 (1).jpeg

Pada kesempatan tersebut materi yang diberikan adalah tentang "Tanda-Tanda Orang yang sudah berusia senior". Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan surat AL-HAJJ ayat 5 yang artinya :

“Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah (Al-Hajj ayat 5)”

WhatsApp Image 2022-06-23 at 10.41.02.jpeg

 

Manusia yang diciptakan Allah dari tanah dan proses penciptaan manusia sebagaimana tergambar dalam ayat tersebut yang pada akhirnya apabila manusia berkesempatan untuk sampai pada usia senior (tua) ada yang mengalami kondisi pelupa, egois, pemarah. Untuk itu masa tua, akan lebih baik jika diprioritaskan untuk ibadah. Mengejar ridho Allah

Usia semakin hari akan termakan oleh sang waktu. Tutup usianya seseorang tak ada yang mengetahui kecuali sang Maha Pencipta. Yang kita tahu dan perlu lakukan adalah, pergunakan usia dengan sebaik mungkin. Selama Allah SWT memberikan kita nikmat yang indah, yaitu kehidupan. Ayat suci dalam Al-Qur’an pun membahas mengenai usia kita.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor