logo webpta

on . Hits: 27

PEMBINAAN TEKNIS ADMINISTRASI YUSTISIAL

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA SECARA VIRTUAL

Semarang|pta-semarang.go.id (26/6/2022)

Pimpinan, Hakim Tinggi, Panitera dan Sekretaris PTA Semarang siang ini mengikuti secara daring kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yustisial Mahkamah Agung RI kepada seluruh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan seluruh Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan di Grand Ballroom Lantai II Hotel J.W. Marriott Medan ini juga diikuti secara luring oleh 100 (seratus) orang peserta secara luring yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan se Sumatra Utara.

medan

Setelah membuka kegiatan secara resmi, Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. mengingatkan semua aparatur peradilan seluruh Indonesia untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan virus covid-19 disebabkan meskipun beberapa waktu yang lalu pandemi Covid-19 sudah dinyatakan mereda, namun tetap harus waspada karena meskipun tidak seganas varian sebelumnya namun varian baru, yaitu Omicron BA.4 dan Omicron BA.5 yang menyebar di beberapa Negara dan sudah terdeteksi masuk ke Indonesia tetap harus diwaspadai agar tidak lagi terjadi pandemi yang mengakibatkan kita terpuruk kembali. “Jalankan protokol kesehatan, menjaga dan meningkatkan imun tubuh agar kita semua tetap sehat dan terhindar dari penyebaran wabah Covid-19,” demikian permintaan Ketua Mahkamah Agung kepada seluruh jajarannya.

Terdapat beberapa hal penting yang disampaikan Ketua Mahkamah Agung pada kesempatan tersebut, yaitu:

  1. Pelaksanaan Sistem Peradilan Pidana Terpadu yang berbasis Teknologi Informasi,
  2. Penambahan fitur pada aplikasi e-Bima, yaitu fitur Sp2D dan fitur Input Data Listrik;
  3. Implementasi Cetak Biru Pembaharuan Peradilan Tahun 2010-2035 terkait pembentukan system kamar pada Pengadilan Tingkat Banding yang belum bisa diwujudkan, dimana harus dilakukan kajian dan penelitian lebih lanjut yang bisa memberikan gambaran untung rugi penerapan system tersebut. Sebelum terdapat hasil kajian dan penelitian tersebut Ketua Mahkamah Agung meminta system kerja pada system kamar untuk diterapkan, yaitu berkas perkara dibaca secara bersama-sama, tidak secara bergilir, atau bisa pula dengan membaca softcopynya.
  4. Pembinaan dan pengawasan atasan langsung kepada satuan kerja peradilan, dimana pembinaan dan pengawasan secara berjenjang yang dilakukan atasan langsung merupakan komponen terpenting di dalam membangun citra positif lembaga peradilan.
  5. Kehati-hatian dalam menggunakan Media Sosial. Agar senantiasa berhati-hati dalam menggunakan media social, cukuo media social hanya digunakan untuk hal-hal yang penting dan bermanfaat saja, jangan sekali-kali mengunggah segala kekuarangan kelemahan teman dan keburukan lembaga kita yang tentunya akan membuka aib kita sendiri.

Berkaitan dengan sebentar lagi kita akan menyongsong tahun politik pada tahun 2024, Ketua Mahkamah Agung melarang seluruh hakim dan aparatur pengadilan untuk menyampaikan dukungan-dukungan atau pernyataan-pernyataann yang memberikan kesan bahwa kita menjadi pendukung dari salah satu calon atau salah satu partai politik. “Seluruh media social ada yang mengawasi dimana terdapat 7 (tujuh) lembaga yang melakukan pengawasan, yaitu: Kemkominfo, Barekrim Polri, KPU, Bawaslu, BIN, Kemenlu, dan KPI,” demikian Ketua Mahkamah Agung mengingatkan serta meminta agar sebelumnya menyaring dan menyeleksi apa-apa yang diunggah sebelum menjadi malapetaka karena sekali tersebar ke publik sulit untuk ditarik kembali.

medan2

Sebelum menutup pengarahannya, Ketua Mahkamah Agung berpesan semua aparat peradilan menumbuhkan semangat kebersamaan dan sikap kepedulian antar sesama aparatur peradilan untuk senantiasa saling menjaga dan saling mengingatkan agar tidak melakukan perbuatan tercela yang dapat meruntuhkan marwah lembaga peradilan.

        Selanjutnya Pimpinan Mahkamah Agung secara bergantian akan memberikan materi pembinaan yang akan dipimpin oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H., M.H.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor