logo webpta

on . Hits: 104

Kunjungan Kerja Ketua Mahkamah Agung RI

di Semarang

WhatsApp Image 2022-07-04 at 15.17.51.jpeg

 

Semarang, pta.semarang.go.id/04/07/22

Ketua PTA Semarang Drs. H. Muhammad Yamien Awie, SH, MH bersama Wakil Ketua PTA Semarang Dr. Hj. Rokhanah, SH, M.H menjemput rombongan Ketua Mahkamah Agung yang melaksanakan kunjungan ke Semarang pada Senin, 4 Juli 2022. Rombongan Ketua Mahkamah Agung yang didampingi Ketua Dharmayukti Karini Pusat mendarat di Bandara Ahmad Yani Semarang dan langsung disambut oleh Ketua PTA Semarang, Ketua PT Semarang, Ketua Pengadilan Militer Semarang, Ketua Pengadilan TUN Semarang beserta jajaran dan juga Pengurus Dharmayukti Jawa Tengah.

WhatsApp Image 2022-07-04 at 15.10.19.jpeg

Kunjungan kerja Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, SH, MH ke Semarang yaitu untuk menghadiri undangan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 yang akan dilaksanakan di lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Semarang pada Selasa, 5 Juli 2022. Disela-sela acara tersebut Ketua Mahkamah Agung menyempatkan untuk mengunjungi dan melihat dari dekat Pengadilan yang ada di Semarang.

Agenda hari ini (Senin, 04/06/2022) adalah melaksnakan pembinaan kepada jajaran aparatur Peradilan yang bertempat di Pengadilan Tinggi Semarang Jl. Pahlawan Semarang. Dalam kesempatan tersebut Ketua PTA Semarang melaporkan bahwa, jumlah Hakim Tinggi di PTA Semarang saat ini berjumlah 14 orang (termasuk Ketua & Wakil) dan bulan Juli 2022 yang akan purna 3 Hakim. Adapun perkara yang diterima sampai saat ini 220 perkara, dan Alhamdulillah perkara tersebut dapat diselesaikan sebelum 1 bulan. Selain itu ada 4 Pengadilan Agama di Jawa Tengah yang Alhamdulillah hari Senin ini 04/07/2022 menerima Surat Keputusan naik Kelas dari IB menjadi IA. Semoga ini dapat menambah semangat kerja Pengadilan Agama di Jawa Tengah.

Ketua Pengadilan Tinggi Semarang juga melaporkan kinerjanya. Bahwa tingkat penyelesaian perkara di Pengadilan Tinggi kurang dari 2 bulan bahkan rata-rata 1 bulan sudah selesai kecuali perkara tipikor. Untuk SDM Hakim di PT Semarang sudah mencukupi dan pengawasan sudah berjalan dengan baik. Demikian yang disampaikan oleh Setyawan Hartono, S.H., M.H Ketua PT Semarang.

WhatsApp Image 2022-07-04 at 15.10.41.jpeg

Dalam pembinaannya Ketua Mahkamah Agung RI merasa bahagia dan Alhamdulillah 4 lingkungan peradilan dapat berkumpul. Beliau menyampaikan, bahwa kita harus terus berinovasi karena peradilan terus dituntut untuk menjalankan pelayanan prima, masyarakat harus terlayani secara kualitas dan kuantitas. Untuk mewujudkan Pelayanan prima tersebut bulan depan MA akan melaksanakan penandatanganan dengan 11 Kementerian yaitu tentang e-Berpadu (elektronik berkas perkara pidana terpadu) yang pada tahun ini minimal 2 propinsi sebagai pilot project, dan untuk Januari 2023 sudah harus berjalan di semua peradilan umum. Diharapkan dengan pelayanan secara elektronik bisa semakin cepat dan akurat.

Demikian informasi yang disampaikan beliau. Tentang kekurangan Hakim, Panitera Pengganti, Hakim Kelas IA diperbantukan di Kelas IA yang disampaikan oleh Ketua PTA menjadi catatan Ketua Mahkamah Agung dan akan diteruskan dan didiskusikan dengan dirjen terkait.

WhatsApp Image 2022-07-04 at 18.40.18.jpeg

Mengakhiri pembinaannya Ketua MARI juga mewanti-wanti kepada seluruh jajaran peradilan untuk memegang teguh Kode Etik. Satu orang yang kena tapi semua akan kena dampaknya. Tingkatkan pengawasan di semua lingkungan peradilan. Semua harus saling mengingatkan.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor