logo webpta

on . Hits: 90

Rakor Tim IT Sosialisasi Bidang Teknis Inovasi Jamu Kuat dan

Rumah Besar Aplikasi Pengadilan Tinggi Agama Semarang

 

WhatsApp Image 2022-07-05 at 16.17.30.jpeg

 

Semarang|pta-semarang.go.id (5/7/22)

Tim IT PTA Semarang, Tim IT Jawa Tengah dan Tim Pengembangan Aplikasi pada hari ini melakukan rapat koordinasi dalam rangka Penyamaan Persepsi menghadapi Sosialisasi Bidang Teknis Jamu Kuat dan Rumah Besar Aplikasi PTA Jateng. Rapat koordinasi yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh Ketua Tim IT PTA Semarang dan Jawa Tengah, Panitera PTA Semarang, Kasubag Kepegawaian dan IT serta Pranata Komputer PTA Semarang, Panitera PA Semarang, Panitera PA Sragen, Panitera PA Cilacap, Panitera PA Purwokerto, Panitera PA Kebumen, Panitera PA Banjarnegara, Panitera PA Surakarta, Tim Develop (mas Surahman, Mas Ubaid, mas Ahmad Mustaghfirin, S.H., mas Asyhar Nururrozi, S.Psi dan Mas Anang).

Dalam sejarah pengembangan inovasi Jamu Kuat, pada awalnya hanya untuk memecahkan permasalahan dalam pelaksanaan eksekusi, dalam perkembangan berikutnya ternyata semakin banyak instansi yang tertarik untuk menjalin kerjasama dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang lebih mudah, efektif dan efisien. Oleh sebab itu Tim develop dibagi atas 3 Tim, yaitu Tim yang menangani Aplikasi Penunjang Jamu Kuat Bidang Eksekusi, Tim Aplikasi Penunjang Jamu Kuat Bidang Perceraian Hubungannya dengan Kemenag, serta Tim Aplikasi Penunjang Jamu Kuat Bidang Kerjasama Dengan Pemda.

Masing-masing Tim menghadapi permasalahan yang spesifik, Hal ini antara lain yang menjadikan perkembangan Jamu Kuat agak memakan waktu, misalkan Tim Eksekusi menjumpai permasalahan dimana akses permohonan SKPT ke Kantor Pertanahan yang hanya dimiliki Pejabat Lelang dan PPAT. Salah satu masalah kerjasama dengan pihak Kantor Urusan Agama, yaitu pada data Akta Nikah yang belum mempunyai nomor Unik. Belum lagi ternyata terdapat nama kecamatan yang sama, juga menjadi satu masalah tersendiri. Sedangkan salah satu permasalahan dengan pihak Pemda yaitu, macam dan jenis Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di masing-masing wilayah yang tidak sama, bahkan di Sragen pada tingkat Kecamatan berdiri sendiri-sendiri. Belum permaslahan data pegawai pada instansi vertical. Hal tersebut sangat berkaitan erat dengan percepatan penyelesaian perkara perceraian para ASN.

Ketua Tim IT Jawa Tengah dan Tim IT PTA Semarang, Drs. H. Zaenal Hakim, S.H., bahwa dalam rapat koordinasi kali ini agar para Tim Pengembang mempresentasikan progres yang telah dicapai untuk menyamakan persepsi termasuk kendala-kendala yang dihadapi dimana hal tersebut yang akan kita sosialisasikan kepada teman-teman satker lainnya.

 

 WhatsApp Image 2022-07-05 at 16.17.29.jpeg

 

Panitera PTA Semarang, Ma’sum Umar, S.H., M.H. mengingatkan bahwa bunyi MoU yang telah dilakukan antara PTA Semarang dengan Pemerintah Provinsi Jateng sudah waktunya dilakukan monitoring dan evaluasi, bahwa yang akan dilakukan monev nantinya merupakan hasil pengembangan inovasi dan aplikasi yang saat ini sudah mencapai tahap akhir pengembangan. Langkah yang harus dilakukan segera yaitu bertemu secara offline para pengembang dan Tim IT yang hasilnya disosialisasikan di internal peradilan agama di Jawa Tengah, masing-masing pengadilan agama melakukan sharing data dan selanjutnya dibuka hak ases para instansi mitra kerja, maka hasil kerja ini yang dilakukan monitoring dan evaluasi. Selanjutnya disusun laporan monev yang akan dikirimkan kepada Gubernur dan Kanwil.

 

WhatsApp Image 2022-07-05 at 16.17.21.jpeg

 

Diskusi yang dipandu oleh Panitera PA Cilacap, Anwar Fauzi, S.H. pagi hingga siang hari ini diawali pemaparan hasil kerja Tim oleh mas Anang, mas Surahman dan mas Ubed serta kendala masing-masing serta dilanjutkan dengan diskusi dengan para Panitera yang hadir dalam rapat via zoom yang akhirnya menghasilkan beberapa keputusan, diantaranya: pertama, penyatuan data base aplikasi pendukung Jamu Kuat, kedua, Pembentukan Tim Monitoring Evaluasi, ketiga, dibuka fasilitas Notifikasi via WhatsApp PTA Semarang, keempat, Komunikasi dengan JLM terkait IP Publik, kelima, komunikasi data PNS se Jawa Tengah dengan BKD Provinsi maupun Kabupaten, keenam, isi data mitra pada aplikasi oleh masing-masing satker PA, ketujuh, perlunya diadakan pertemuan offline antar pengembang dan Tim IT sebelum dilakukannya monev dan sosialisasi.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor