logo webpta

on . Hits: 104

WAKIL KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG DALAM WEBINAR PA BATANG GOES TO CAMPUS

Semarang|pta-semarang.go.id (5/7/22)

Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H., Wakil Ketua PTA Semarang, pada Rabu 6 Juli 2022 memberikan sambutan pada kegiatan webinar yang diselenggarakan Pengadilan Agama Batang yang bertajuk Pengadilan Agama Batang Goes To Campus: Prospek Sarjana Syariah Di Dunia Peradilan “Mencetak Duta Peradilan Dari Mahasiswa Syariah”. Webinar ini sedikitnya diikuti oleh 200 peserta baik dari Peradilan Agama maupun sivitas akademika dari Universitas Islam, baik negeri maupun swasta se Indonesia.

 WhatsApp Image 2022 07 06 at 09.37.49

Dalam sambutannya, Wakil Ketua PTA Semarang menyatakan bahwa Pimpinan PTA Semarang sangat mengapresiasi kegiatan ilmiah yang diinisiasi oleh Pengadilan Agama Batang dimana kegiatan ini merupakan satu upaya untuk memperkenalkan Peradilan Agama kepada para mahasiswa syariah sebagai duta peradilan yang merupakan generasi penerus aparatur peradilan. 

Dengan adanya perubahan gelar lulusan fakultas syariah dari semula Drs/Dra berubah menjadi S.Sy. selanjutnya S.H.I. dan saat ini gelarnya sudah tepat menjadi S.H., sama dengan lulusan dari fakultas hukum umum, diharapkan sarjana syariah dapat bersaing di wilayah sarjana hukum juga di dunia peradilan. Perubahan ini juga menimbulkan tantangan sendiri dimana bisa juga berkiprah di peradilan umum, menjadi seorang hakim yang professional, yaitu hakim yang memutus perkara yang memberi rasa keadilan bagi pencari keadilan, serta menjalankan dan menegakkan hukum sebaik-baiknya.

 WhatsApp Image 2022 07 06 at 09.37.50

Tantangan besar lainnya adalah menjadi hakim yang kompeten dimana dalam penyaringan hakim harus mengikuti berbagai fase test. Rekrutmen CPNS MA tahun 2021 pada posisi Analis Perkara Peradilan yang diproyeksikan sebagai Hakim dan Pimpinan Pengadilan di masa yang akan datang. Pada tahun 2021 dari yang lulus ujian sebanyak 1.501 kelulusan, fakultas syariah sebanyak 172 orang yang diterima, sisanya dari fakultas hukum umum. Padahal yang dibutuhkan untuk posisi Analis Perkara Peradilan sebanyak 771 orang.

Maka Wakil Ketua PTA Semarang mengemukakan bahwa untuk mendapatkan aparat peradilan agama yang handal perlu dilakukan senergi yang baik sejak dini dengan perguruan tinggi agar tercipta sarjana yang berkualitas dan berintegritas tidak terbatas pada nilai akademis namun juga memiliki kompetensi-kompetensi berwawasan global dan menguasai bahasa asing aktif terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris. “Tes bahasa ini tesnya adalah tes langsung, tes wawancara jadi kemampuan berbahasa Inggris aktif, oleh karena itu saya menghimbau bagi yang ingin menjadi duta peradilan agar mempersiapkan sejak dini selain menguasai materi hukum materiil formil, pengetahuan umum juga bahasa asing terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris aktif”, demikian disampaikan Wakil Ketua PTA Semarang menutup sambutannya.

 WhatsApp Image 2022 07 06 at 09.44.39

Sementara itu Kepala Bagian Perundang-undangan pada Biro Hukum dan Humas MARI, Irwan Rosady, S.H., M.H., mewakili Kepala Biro Hukum dan Humas MARI juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada PA Batang yang telah menyelenggarakan acara ini dimana sejalan dengan program Biro Hukum dan Humas MARI, yaitu Mahkamah Agung Goes To Campus dan Duta Peradilan yang berangkat dari keinginan Pimpinan Mahkamah Agung untuk merekrut mahasiswa terbaik di seluruh Indonesia untuk dapat berkiprah di lembaga peradilan dengan memberikan materi yang lebih detil tentang dunia peradilan yang tidak didapatkan di dunia kampus.

Mahkamah Agung dengan 4 (empat) badan peradilan di bawahnya sangat perlu bersinergi dengan dunia kampus dalam mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang tujuannya antara lain pertama, mencapai dan menjaga integritas hakim, kedua, sebagai media komunikasi bagi Mahkamah Agung untuk meningkatkan kepercayaan publik, ketiga, sebagai wadah diskusi yangmenari, interaktif dan positif perihal dunia peradilan, keempat, memberikan edukasi untuk meningkatkan minat mahasiswa syariah / mahasiswa fakultas hukum terhadap profesi hakim dan aparat peradilan, menjaring mahasiswa terbaik untuk berkiprah di dunia peradilan.

Lebih lanjut dikemukakan oleh Kepala Bagian Perundang-undangan pada Biro Hukum dan Humas MARI bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Batang ini juga sejalan dengan visi dan misi Mahkamah Agung terutama visi ketiga, meningkatkan kualitas kepemimpinan dunia peradilan dan visi keempat, meningkatkan kredibilitas dan transparansi dunia peradilan.

 WhatsApp Image 2022 07 06 at 10.17.07

Webinar yang menghadirkan narasumber Hakim Yustisial pada Biro Hukum dan Humas MARI, Dr. H. Fikri Habibi, S.H., M.H., dan Ketua Pengadilan Agama Ngamprah, Ahmad Luthfi Maghfurin, S.H.I., M.Ag. dipimpin / dimoderatori oleh Wakil Ketua PA Batang, H.M. Kusen Raharjo, S.H.I., M.Ag.

Dr. H. Fikri Habibi, S.H., M.H. membawakan materi perihal Sukses Studi Dan Berkarier Bagi Mahasiswa Fakultas Syariah. Ahmad Luthfi Maghfurin, S.H.I., M.Ag. menyampaikan materi perihal liku-liku, peluang dan tantangan mahasiswa syariah, rekrutmen CPNS MA Tahun 2021, sosok sarjana syariah pada Mahkamah Agung dan bagaimana menghadapi persaingan di dunia kerja.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor