logo webpta

on . Hits: 44

BIMTEK YUSTISIAL TENAGA TEKNIS NON HAKIM

PERADILAN AGAMA SE-JATENG

Semarang|pta-semarang.go.id (3/8/2022)

Selama 3 (tiga) hari, yaitu tanggal 3,4 dan 5 Agustus 2022 para Panitera / Panitera Muda PTA Semarang dan PA se Jawa Tengah mengikuti acara Bimbingan Teknis Yustisial Tenaga Teknis Non Hakim Peradilan Agama se Jawa Tengah. Kegiatan yang berlangsung di ruang Command Center PTA Semarang ini dilaksanakan secara daring dan luring. Peserta dari PTA Semarang dan Pengadilan Agama se Korwil Semarang (PA Semarang, PA Kendal, PA Purwodadi, PA Ambarawa, PA Demak dan PA Salatiga) mengikuti secara luring sedangkan 30 Pengadilan Agama lainnya mengikuti kegiatan secara daring. Disamping itu, siapa saja dapat mengikuti kegiatan tersebut secara live streaming melalui kanal youtube PTA Semarang.

 WhatsApp Image 2022 08 03 at 11.25.11

Bimtek Yustisial kali ini menghadirkan narasumber Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Ditjen Badilag, Sutarno, S.Ip, M.M. yang membawakan materi perihal Administrasi Pelaporan Keuangan (Kinsatker-Kinerja Satuan Kerja Berbasis Elektronik)) dan Teknis Implementasi E-Court Banding serta dilanjutkan dengan diskusi interaktif permasalahan yang dijumpai satker terkait bisnis proses PA dalam mengimplementasikan aplikasi SIPP (administrasi perkara dan keuangan perkara) dan Kinsatker (pelaporan, monitoring, verifikasi, validasi, penilaian dan konsultasi). Selain dari internal juga menghadirkan narasumber eksternal yaitu narasumber dari DJKN yang membawakan materi Lelang Eksekusi.

 WhatsApp Image 2022 08 03 at 11.26.38

H. Ma’sum Umar, S.H., M.H., Panitera PTA Semarang selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa maksud diadakannya Bimtek kali ini adalah untuk memonitor dan mengevaluasi implementasi aplikasi e-court Banding dan aplikasi Kinsatker pada satker Peradilan Agama di Jawa Tengah. Sedangkan tujuannya adalah agar tercapai tertib administrasi dan terimplementasikannya dengan baik dan maksimal aplikasi e-court Banding dan aplikasi Kinsatker pada Peradilana Agama di Jawa Tengah.

 WhatsApp Image 2022 08 03 at 11.28.55

Drs. H.M. Yamin Awie, S.H., M.H. Ketua PTA Semarang, selanjutnya dengan bacaan basmallah membuka kegiatan yang dimulai pagi ini dengan resmi serta berharap para Panitera, Panitera Muda dan Admin IT yang mengikuti acara ini baik secara daring maupun luring memahami pentingnya bimtek kali ini sehingga akan serius mengikutinya, selanjutnya aktif dalam diskusi dengan narasumber baik dari internal maupun eksternal sehingga nantinya dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam melaksanakan tugas pokok Peradilan Agama, yaitu untuk unsur kepaniteraan sangat terlibat dalam tugas menyelesaikan perkara, sementara untuk tugas pokok hakim adalah dalam prosesnya, yaitu memeriksa dan memutus yang diajukan.

 WhatsApp Image 2022 08 03 at 11.28.08

Dalam kesempatan tersebut Ketua PTA Semarang juga menginformasikan bahwa PTA Semarang sudah melakukan kerjasama dengan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan ditindaklanjuti kerjasama Pengadilan Agama dengan 6 Satker KPKNL se Jawa Tengah dan DIY, yang dengan kerjasama ini diharapkan penyelesaian tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama dalam menyelesaikan perkara bisa berjalan dengan lancar. Bimtek kali ini merupakan salah satu sarana bagi Peradilan Agama di Jawa Tengah dalam meningkatkan dan merapatkan komunikasi serta kesepahaman antara Peradilan Agama dengan pihak DJKN dan KPKNL.

Mengakhiri sambutannya Ketua PTA berharap dan berdoa semoga segala ilmu yang didapatkan nantinya dapat menunjang pelaksanaan tugas dalam mengemban amanah sebagai penegak hukum dan keadilan khususnya di Peradilan Agama Jawa Tengah.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor