PELAKSANAAN EKSEKUSI ANAK DI PENGADILAN AGAMA KEBUMEN KELAS IA

on . Posted in Berita PA

Pada hari Selasa tanggal 26 Nopember 2019 Pengadilan Agama Kebumen Kelas IA melaksanakan eksekusi anak di Desa Pakumbang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen dengan lancar, aman dan kondusif.

Dra. Hj. Mardliyah Hayati Plt. Panitera  didampingi Ahmadi, SH, Solikhin  (keduanya Jurusita) dan Suryono, S.Pd (Anggota Satuan Pengamanan Internal Pengadilan Agama Kebumen), menjelaskan bahwa Eksekusi anak ini merupakan pelaksanaan atas Putusan yang telah di jatuhkan oleh Majelis Hakim yang memeriksa perkara tersebut dan Putusan itu telah inkrah atau telah berkekuatan hukum tetap akan tetapi pihak Termohon Eksekusi tidak bersedia melaksanakan putusan Majelis Hakim secara suka rela, atas dasar hal tersebut pihak Pemohon Eksekusi mengajukan permohonan pelaksanaan eksekusi kepada Ketua Pengadilan Agama Kebumen. Kemudian Ketua Pengadilan Agama Kebumen telah melakukan aanmaning atau peringatan terhadap Termohon Eksekusi agar Termohon Eksekusi melaksanakan putusan Pengadilan secara sukarela atau atas kemauan sendiri namun Termohon Eksekusi tidak mau hadir dalam sidang aanmaning.

 

 Dra. Hj, Mardliyah Hayati Plt. Panitera Pengadilan Agama Kebumen (tengah) dalam pelaksanaan Eksekusi anak, didampingi Aparat Keamanan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Pengadilan Agama Kebumen menerbitkan Penetapan yang isinya memerintahkan kepada Plt. Panitera/Jurusita agar melaksanakan eksekusi atau pelaksanaan putusan Pengadilan tersebut.

Proses penyerahan anak kepada Pemohon Eksekusi

 

Pada pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 13.30 Wib. Eksekusi anak dilaksanakan, hadir dalam kesempatan tersebut Pemohon Eksekusi didampingi Kuasa Hukumnya dan Termohon Eksekusi beserta anak yang ada dalam kekuasaanya, Kepala Desa Pakumbang serta Kepala Kepolisian Sektor Karanganyar beserta 3 orang anggotanya.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya pihak Termohon Eksekusi bersedia menyerahkan anak yang ada dalam kekuasaannya kepada pihak pemohon eksekusi secara sukarela setelah mendengar secara langsung pengakuan anak bersedia untuk ikut dan hidup bersama dengan pihak Pemohon Eksekusi. red.