ZONA INTEGRITAS

Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpInan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
ZONA INTEGRITAS

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
STOP GRATIFIKASI

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan.

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN & PELANTIKAN WAKIL PTA SEMARANG DAN PELEPASAN ALIH TUGAS DR. H. A. CHOIRI, S.H., M.H.

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang (31/1/2019)

Kamis, 31 Januari 2019 bertempat di gedung Gradhika Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah mengambil sumpah jabatan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Mukhlis, S.H., M.Hum. yang semula menjabat sebagai Wakil Ketua PTA Jambi.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua PTA Jambi, seluruh Hakim Tinggi PTA Jawa Tengah, Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-Jawa Tengah, Ketua dan anggota Dharmayukti Karini PTA Jawa Tengah, seluruh pegawai PTA Jawa Tengah serta sesepuh PTA Jawa Tengah. Sesepuh yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut adalah Drs. H. Zaenal Arifien Syam, S.H. dan DR. H. Wildan Suyuthi, S.H., M.Hum. keduanya adalah mantan KPTA Semarang serta Rahmadi Suhamka, S.H. dan Supardjiyanto, S.H. yang keduanya mantan Panitera/Sekretaris PTA Semarang. 

Dalam sambutannya, Ketua PTA Jawa Tengah DR. H. Bahruddin Muhammad , S.H., M.H. menyampaikan selamat datang kepada Drs. H. Mukhlis, S.H., M.Hum. yang sudah resmi sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah yang juga pernah mendampingi DR. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. ketika menjabat sebagai Ketua PTA Mataram. Drs. H. Mukhlis, S.H., M.Hum. adalah sosok sangat berpengalaman karena pernah berada di PTA-PTA besar sebagai Hakim Tinggi (yaitu: PTA Pontianak, PTA Bandar Lampung dan PTA Jakarta), 2 (dua) kali menjabat sebagai Wakil Ketua, (yaitu Wakil Ketua PTA Bangka Belitung dan Wakil Ketua PTA Mataram) dan terakhir sebagai Ketua PTA Jambi. Pengalaman yang lengkap sebagai Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding ini merupakan satu potensi modal tersendiri dalam meniti karir selanjutnya. Disamping pengalaman, kualitas keilmuan Beliau juga tidak diragukan lagi. Pengalaman dan kualitas keilmuan ini, saya yakin, sangat mendukung tugas pokok Beliau sebagai seorang Wakil Ketua di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah dengan jumlah satker Pengadilan Agamanya yang sebanyak 36 satker. Untuk itu kerjasama dan sumbangsih Bapak Drs. H. Mukhlis, S.H., M.Hum. sangat dibutuhkan untuk kemajuan institusi Peradilan Agama di Jawa Tengah diantara adalah tugas Pengawasan. Pada kesempatan tersebut Ketua PTA Semarang menyampaikan bahwa Pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di bidang peradilan oleh para Hakim Tinggi, Hakim Peradilan Tingkat Pertama, para Pejabat dan Karyawan/Karyawati baik Kepaniteraan maupun Kesekretariatan pada Peradilan Agama se-Jawa Tengah tidak akan dapat berhasil bila dibebankan hanya pada satu orang Wakil Ketua PTA Jawa Tengah saja. Oleh karena itu partisipasi semua Pimpinan dalam semua level sangat diperlukan dalam penyelenggaraannya.

Untuk itu sebagai Pimpinan harus memahami dan mempedomani aturan-aturan perihal pengawasan, yaitu Perma nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya, Perma Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya, serta Perma Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada di Bawahnya serta dipertegas dengan keluarnya Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor 01/Maklumat/KMA/ IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya;

Pada kesempatan tersebut Ketua PTA Jawa Tengah mewakili semua jajaran Peradilan Agama se-Jawa Tengah juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan pengabdian Bp. Dr. H. A. Choiri, S.H., M.H. sebagai Wakil Ketua PTA Jawa Tengah. Semoga dedikasi dan pengabdian tersebut mendapatkan ridlo Allah SWT dan dicatat sebagai amal kebaikan. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada ibu Tuti Sudiarti, S.H., M.H. dan keluarga yang telah ikut serta mendorong Bp. Dr. H. A. Choiri, S.H., M.H. untuk senantiasa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta yang begitu antusias dan bersemangat turut memajukan organisasi Dharmayukti Karini kita.

Setelah acara pelantikan dilanjutkan dengan perkenalan dan kata pamitan. Dalam kata pamitan  DR. H. A. Choiri, S.H., M.H. yang sekarang menjabat sebagai Ketua PTA Samarinda menyampaikan terimakasih atas kerjasama seluruh jajaran Peradilan Agama Se-Jawa Tengah. Banyak prestasi yang telah diraih PTA Jawa Tengah semata-mata karena sinergi yang sangat baik semua pihak, diantaranya adalah adanya Kerjasama PTA Jawa Tengah dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kaitannya dengan Perma 03/2017 akan dilanjutkan di Samarinda. Mengakhiri sambutannya DR. H. A. Choiri, S.H., M.H. mohon maaf atas segala kekhilafan.

Wakil Ketua PTA Jawa Tengah yang baru dilantik dalam sambutannya menyatakan bahwa siap melaksanakan tugas dan mohon semua komponen Peradilan Agama di Jawa Tengah dapat bersinergi memajukan PTA Jawa Tengah. Pada kesempatan tersebut DR. H. Wildan Suyuthi, S.H., M.Hum. mewakili sesepuh menyampaikan terimaksih atas undangan yang diberikan. Acara seperti menjadi para sesepuh selalu merasa muda karena berkumpul dengan orang-orang muda yang aktif dan energik. Pada kesempatan tersebut beliau juga mengucapkan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik mengemban jabatan baru, semoga amanah tersebut dapat dijalankan dengan baik dan dapat memajukan Peradilan Agama. Tepat pada pukul 11.00 WIB acara berakhir yang dilanjutkan dengan ramah tamah. (red)

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com

Tautan Aplikasi