11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif....Berita Duka: " Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya telah meninggalnya Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Bapak Dr. Drs. H. Masduqi, S.H, M.H, Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin. "

PTA Semarang Launching 3 Aplikasi Unggulan

on . Posted in Berita Kegiatan

Kamis, 23 Juli 2020 bertempat di Merapi Hall Grasia Hotel Lantai 2, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang meresmikan 3 (tiga) aplikasi unggulan diantaranya: 1. Aplikasi Monitoring PTA Semarang; 2. Aplikasi Pendukung SIPP Tingkat Pertama & Tingkat Banding; 3. Aplikasi Layanan Digital Pengadilan Agama (LANDIPA).

Sebelumnya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang beserta seluruh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengikuti Wisuda Purnabhakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari, Dr. H. Muslimin Simar, S.H., M.H. secara daring di Guntur Hall Hotel Grasia Lantai 1, dengan tetap menerapkan prinsip 3M, yaitu (1) Memakai masker; (2) Menjaga jarak dan (3) Mencuci tangan.

 

Acara diawali dengan penampilan seni hadrah oleh mahasiswa Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Wonosobo sebagai sambutan selamat datang kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan para tamu undangan. Selanjutnya dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI menandakan dibukanya Rapat Koordinasi Ketua Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

 

Acara selanjutnya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama dengan UNSIQ Wonosobo terkait program magang mahasiswa selama 6 bulan (1 semester) di Peradilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

 

Berlanjut ke acara puncak yaitu pemaparan tiga aplikasi unggulan Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang disampaikan oleh Drs. H. Zaenal Hakim, S.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang selaku ketua tim monitoring kinerja PA se-Jateng.

Tiga aplikasi unggulan PTA Semarang merupakan hasil karya tim satgas PTA Semarang yang beranggotakan: Anang Ashari (PA Surakarta), Saryono (PA Pati), Ardhan (PA Mungkid) dan satu orang konsultan IT yaitu Putra.

 

Aplikasi Monitoring PTA Semarang merupakan aplikasi yang digunakan oleh PTA Semarang untuk memonitoring kinerja SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) Pengadilan Agama se-Jawa Tengah secara daring, terutama terkait kondisi pandemi seperti sekarang ini. Fokus pada aplikasi ini yaitu pada implementasi SIPP disetiap Pengadilan Agama diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang; tingkat penyelesaian perkara; publikasi putusan; serta kinerja satker dan individu pengguna SIPP. Untuk kinerja individu pengguna SIPP sendiri, digunakan sebagai bahan baperjakat untuk promosi pengguna yang kinerjanya dinilai baik. Untuk pengguna aplikasi monitoring PTA Semarang yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan hakim tinggi selaku hakim tinggi pembina dan pengawas daerah (Hatiwasda).

Aplikasi pendukung SIPP merupakan aplikasi yang dipasang di server SIPP, yang memiliki konten kontrol perkara, laporan perkara, cetak blangko akta cerai dan beberapa fitur lain. Aplikasi ini diperuntukkan bagi Ketua, Wakil Ketua, Hakim, dan jajaran Kepaniteraan Pengadilan Agama.

Aplikasi Layanan Digital PA atau yang disingkat LANDIPA merupakan aplikasi yang dapat diakses oleh advokat dan pencari keadilan, yang saat ini baru digunakan oleh Pengadilan Agama se-Solo Raya. Aplikasi ini merupakan penggabungan dari aplikasi antrian sidang dan informasi perkara. Dengan menggunakan tab/laptop/smartphone berbasis android yang terkoneksi inet, advokat yang berpekara cukup menginstal aplikasi tersebut untuk dapat mengaksesnya atau dapat juga diakses melalui laman www.landipa.online. Pada fitur antrian sidang, advokat dapat memilih nomor antrian. Meskipun tidak dapat memperkirakan waktu secara pasti, tapi dalam sistem antrian sidang terdapat informasi antrian yang sedang berjalan, sehingga dapat memperkirakan kapan dipanggil. Selain itu, pada Aplikasi LANDIPA terdapat menu e-Court, Anjungan Gugatan Mandiri, A.C.O. (Auto Court Online) Badilag, Validasi Akta Cerai, SIWAS MA.

LANDIPA juga terdapat fitur aplikasi PA se-Solo Raya dengan nama yang disesuaikan oleh masing-masing satker, diantaranya: PA Surakarta diberi nama HIK SMART, PA Sragen diberi nama SANGIRAN, PA Karanganyar diberi nama SIPAKAR, PA Klaten diberi nama PLAOSAN, PA Sukoharjo diberi nama SIPEDANG, PA Wonogiri diberi nama SIMPAGIRI, PA Boyolali diberi nama SAPI. Aplikasi inilah yang akan dikembangkan untuk Pengadilan Agama se-Jawa Tengah yang dibagi menjadi 6 korwil diantaranya Korwil Solo Raya, Semarang, Kedu, Pekalongan, Banyumas dan Pati.

 

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan atas prestasi kinerja pengadilan agama baik di bidang kepaniteraan maupun kesekretariatan yang merupakan hasil lomba periode Januari-Juni 2020

Tepat pada pukul 12.00 WIB acara ditutup dengan ramah tamah dan dihibur dengan seni hadrah.

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com