WISUDA PURNABHAKTI KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA JAMBI Dr. Drs. H. BUSRI HARUN, S.H., M.AG.

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang | Rabu 30 September 2020, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., bersama para Hakim Tinggi PTA Semarang mengikuti acara secara daring Wisuda Purnabhakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Dr. Drs. H. Busri Harun, S.H., M.Ag. oleh Ketua Mahkamah Agung R.I. bertempat di ruang Command Center PTA Semarang.

Acara yang diikuti seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia secara daring ini merupakan kegiatan ke-empat yang telah dilaksanakan oleh Mahkamah Agung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan media virtual ini. Hal ini merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung dalam memutus rantai wabah pandemik covid-19 selain juga selalu memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan yaitu mengimplementasikan 3M, yaitu memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak. Dalam kata sambutannya, Ketua Mahkamah Agung merasa prihatin dan duka yang mendalam atas berpulangnya bebrapa insan peradilan ke rahmatullah akibat terserang wabah virus yang sangat mematikan ini, sebagiannya dirawat karena positif dan beresiko terpapar virus covid19 bahkan beberapa kantor pengadilan terpaksa membatasi layanan hingga melakukan lockdown.

Agar tidak ada korban-korban berikutnya yang berjatuhan Dr, H, Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., Ketua Mahkamah Agung mengajak seluruh insan peradilan melakukan ikhtiar kolektif bersama, yaitu selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memutus mata rantai penyebaran wabah yang mematikan ini disamping itu janganlah kita bosan menengadahkan tangah bermohon kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa agara pandemi ini segera berlalu sehingga kita dapat menjalankan lagi aktifitas secara normal sebagaimana biasanya.

Berkaca dari perjalanan pengabdian Dr. Drs. H. Busri Harun, S.H., M.Ag. selama 39 tahun yang telah berhasil mendedikasikan hidupnya selama 39 tahun sebagai pegawai sebagai hakim dan sebagai pimpinan lembaga peradilan maka dapat dilihat bagaimana idealnya sosok seorang hakim yang telah ditunjukkan oleh beliau. Seorang hakim itu memiliki kemampuan teknis yustisial dan berintegritas tinggi maupun sebagai manajer yang mempunyai kualitas kepemimpinan dalam menata dan mengelola organisasi, berdedikasi dan berloyalitas yang tulus dan ikhlas mengabdi untuk bangsa dan Negara.

Bagi seorang hakim ketulusan dan keikhasan merupakan tameng yang membentenginya dari segala godaan. Seorang hakim tidak pernah berharap puji dari manusia dan tidak gentar mendapat cacian orang lain, seorang hakim senantiasa menjalankan tugas dengan penuh integritas selebihnya kita serahkan kepada penilaian Allah yang Maha Kuasa. Disamping itu bersikap profesional merupakan karakter wajib bagi seorang hakim yang selalu tercermin dalam sikap perilaku maupun ilmu pengetahuan yang mumpuni hingga setiap putusan yang dijatuhkan terlahir dari basis pengetahuan yang kokoh yang dapat dipertanggungjawabkan, maka seorang hakim dituntut untuk selalu belajar dan belajar.

“Maka selagi ada kesempatan untuk belajar tingkatkan terus kapasitas intelektual baik secara formal maupun informal,” demikian pesan Ketua Mahkamah Agung RI.

 Pada akhhir sambutannya Ketua Mahkamah Agung mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya melepas  Dr. Drs. H. Busri Harun, S.H., M.Ag. sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi disertai doa semoga Allah senantiasa melimpahkan kesehatan rahmat dan taufiqnya kepada beliau sekeluarga.