RAPAT KOORDINASI SEKRETARIS PENGADILAN AGAMA SE - JAWA TENGAH
Persiapan Langkah - Langkah Akhir Tahun Anggaran 2024
Semarang|pta-semarang.go.id (4 - 5/11/2024)
Bertempat di Pondok Panorama Umbul Sidomukti, Kabupaten Semarang, Ketua PTA Semarang, Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H., didampingi Sekretaris PTA Semarang Karyarini Fatonah, S.H..,M.H., dan pejabat struktural kesekretariatan mengadakan rapat koordinasi Sekretaris Se-Jawa Tengah pada tanggal 4-5 November 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 33 Sekretaris Pengadilan Agama Se- Jawa Tengah, sementara 3 orang sekretaris lainnya berhalangan hadir.
Dalan sambutan nya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Dr. H. Zulkarnain, S.H. M.H., mengapresiasi ‘’ paguyuban saklawase ‘’ sekretaris Pengadilan Agama se-Jawa Tengah yang baru ada di PTA Semarang. Selanjutnya Beliau menyampaikan penting nya para sekretaris memperhatikan tata naskah dinas yang benar sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 131/KMA/SK/VII/2023 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya serta Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 627/SEK/SK/VII/2023 tentang Klasifikasi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya. Telah dijabarkan dengan lengkap dalam ketentuan tersebut untuk dipedomani oleh semua satker.
Selanjutnya yang menjadi perhatian penting lainnya adalah terkait protokoler. Mulai dari posisi paling depan kantor yakni satpam sampai masuk ke dalam ruangan. Perlu diperhatikan dengan baik saat mendampingi tamu yang berkunjung. Prinsip 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) juga harus diimplementasikan oleh seluruh satker. Jangan sampai ada ruangan yang kurang rapi, "mungkin nanti suatu saat akan ada sidak mendadak dengan cara video call untuk memperlihatkan kondisi seluruh ruangan" demikian Beliau menekankan, penerapan prinsip 5 R ini tentunya akan membuat kenyamanan bagi semua pegawai dan masyarakat pencari keadilan.
Dalam pembinaan nya Beliau juga menyampaikan seluruh komponen pimpinan harus responsif terhadap informasi-informasi yang telah dipublikasi supaya apapun yang perlu diketahui atau dibawa dalam acara tersebut tidak terlewat. Kedisiplinan juga menjadi hal yang ditekankan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang karena pentingnya ketepatan waktu dalam setiap moment. Selain itu perlunya koordinasi yang baik dari seluruh aparatur dan antar satker untuk menghindari missed communication.
Setelah acara pembukaan selesai, jalannya rapat koordinasi sekretaris dipimpin oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Ibu Karyarini Fatonah, S.H. M.M. Beliau menyampaikan bahwa Bidang Kesekretariatan sebagai supporting unit dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di pengadilan harus memastikan bahwa sarana dan prasarana tersedia, anggaran untuk mendukung operasional perkantoran direalisasikan dengan baik dan sesuai, serta hak-hak pegawai terpenuhi. Oleh karena itu, menjelang akhir tahun anggaran ini maka perlu diperhatikan mengenai Langkah-Langkah Akhir Tahun Anggaran 2024 baik secara realisasi maupun dari segi pertanggungjawaban. Selain itu, untuk menyambut Tahun Anggaran 2025 perlu dilakukan mitigasi potensi permasalahan yang mungkin timbul sehingga bisa mencari solusi lebih dini.
Di akhir acara, Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang membuat forum diskusi dengan para sekretaris Pengadilan Agama se-Jawa Tengah untuk menyerap aspirasi mengenai kendala – kendala yang ada di satuan kerja masing - masing, harapan, target dan capaian yang sudah di peroleh oleh satker selama tahun 2024.