logo webpta

on . Hits: 920

Diklat di Tempat Kerja Petugas Pelayanan Publik

Pada Pengadilan Tinggi Agama Semarang Tentang Excellent Service

 

WhatsApp Image 2022-08-30 at 11.17.01.jpeg

 

Semarang|pta-semarang.go.id (308/22)

PTA Semarang pada Selasa 30 Agustus 2022 menggandeng Kantor Wilayah BRI Semarang menyelenggarakan Diklat di Tempat Kerja Balai Petugas Pelayanan Publik Pada PTA Semarang tentang Excellent Service. Petugas Pelayanan Publik pada PTA Semarang ini terdiri dari Tenaga Keamanan (Satpam) dan Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Selain para petugas, hadir pula Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan Pejabat Struktural PTA Semarang.

 WhatsApp Image 2022-08-30 at 11.17.02.jpeg

 

Saat membuka kegiatan tersebut, Ketua PTA Semarang Drs. H. M. Yamin Awie, S.H., M.H. menyatakan bahwa DDTK kali ini sangat penting bagi para Petugas Pelayanan Publik dimana ilmu yang didapat bisa menjadi modal agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. Meskipun pada dasarnya sebagai masyarakat Timur yang mempunyai sifat ramah tamah sebagai modal namun terkadang kurang tepat dalam implementasinya.

Petugas keamanan yang tugasnya memberikan rasa aman dalam pelaksanaan tugasnya janganlah menampakkan wajah yang menyeramkan, tunjukkanlah wajah yang ramah, penuh senyum dan kepedulian melayani. Sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut Ketua PTA Semarang berpesan kepada seluruh peserta untuk menyatukan niat dan fokus dalam mengikuti acara dari awal sampai akhir sehingga ilmu yang diberikan para narasumber dapat terserap dengan maksimal.

Tim narasumber Kanwil BRI Semarang yang terdiri dari 3 (tiga) orang menyatakan bahwa sangat terkesan dan terpesona dengan pelayanan yang telah diberikan oleh para Petugas Pelayanan Publik kepada Tim Narasumber sebagai tamu telah mengamati sejak awal penerimaan tamu oleh Petugas Keamanan, para Petugas PTSP hingga Ketua PTA Semarang dan memberikan penilaian bahwa pelayanan oleh Petugas Pelayanan Publik Kantor PTA Semarang sudah baik, sudah memenuhi standar pelayanan.

Sinta Veronica, Supervisor Bidang Layanan BRI Kanwil Semarang yang memberikan materi tentang Service Excellence mengungkapkan bahwa bidang pelayanan menjadi sangat penting karena layanan merupakan refleksi dari Pemberi Layanan, layanan membentuk kepercayaan masyarakat pencari keadilan, layanan menjadi dukungan kinerja bisnis dan dari layanan bisa menarik pelanggan baru.

 WhatsApp Image 2022-08-30 at 11.17.00.jpeg

 

Pada aspek pelayanan, terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi mutu pelayanan, yaitu aspek people, proses, kebersihan kantor, dan produk layanan. Khusus untuk aspek people (aspek orang) yang melayani terdapat 2 (dua) hal mendasar, yaitu penampilan (grooming) dan skill dalam berkomunikasi. Maka berkaitan dengan penampilan dan skill komunikasi inilah Tim Narasumber dari Kanwil BRI memberikan ilmunya, bagaimana dari aspek penampilan seragam yang dikenakan pemberi layanan, hingga motif dari masker yang sudah harus ditentukan. Sedangkan dari segi skill komunikasi sejak dari pertama kali bertemu tamu dengan memberikan sapaan hingga tamu meninggalkan kantor dan bagaimana komunikasi dari segi bahasa tubuh, intonasi suara dan pilihan kata-kata yang digunakan.

WhatsApp Image 2022-08-30 at 17.49.39.jpeg

Setelah dilakukan praktik pemberian layanan dan tanya jawab, kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB diakhiri dengan foto bersama tepat pada pukul 12.00 WIB.

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor

https://www.siakad.iainutuban.ac.id/system/js/-/ThaiXMaxwin/ https://elektro.istts.ac.id/-/dslot/ https://elektro.istts.ac.id/wp-content/stoto/ https://www.mitsubishi-solo.co.id/